Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi AS Gunakan Zero Sebagai Tunggangan “Siluman”

Kompas.com - 24/11/2014, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Santa Cruz, KompasOtomotif – Bulan lalu Garansindo Technologies mengatakan sepeda motor listrik Zero Motorcycles akan dipasarkan di Indonesia pada bulan ini, namun hingga memasuki pekan terakhir November perkembangan rencana itu belum terendus lagi. Kabar terbaru justru datang dari negara asal, Amerika Serikat, di sana Zero mulai digunakan sebagai unit patroli penegak hukum Los Angeles.

Lebih tepatnya dipakai kesatuan wilayah Burbank Police Department. Mereka memilih model Zero DSP sebagai tunggangan sehari-hari sebab tidak berisik, fleksibel, biaya operasional rendah, mudah dirawat, dan lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi khusus untuk unit kepolisian tidak disebutkan, tapi kemampuan standar Zero DS setara 54 tk dan torsi 92 Nm. Dengan baterai terisi penuh sanggup digunakan sejauh 161 km dan kecepatan maksimalnya 158 kpj.

“Integrasi dengan sepeda motor listrik multifungsi ini akan memberikan Burbank Police Departement kemampuan untuk memperluas upaya penegakan hukum yang kami percaya akan meningkatkan layanan kepada masyarakat,” kata Letnan Jay Hawver dari Burbank Police Department Traffic Bureau, seperti diberitakan Todays Motor Vehicles, Senin (24/11/2014).

Setiap unit dilengkapi sirine dan pelantang suara, komponen keselamatan berkendara, dan boks penyimpanan. Tanpa perlu mengganti gigi karena tidak punya transmisi, petugas diharapkan bisa fokus pada tugas patroli, keunggulan tanpa suara mesin juga bisa membuat petugas mendekati lokasi kejadian seperti ‘siluman”.

"Zero Motorcycles yang sebagai sepeda motor polisi didesain dan dirancang dari masukan petugas di lapangan. Kami terhormat untuk terus membantu penegak hukum dan agensi keamanan, serta sangat senang Burbank Police Department menggunakan Zero sebagai fleet mereka,” ujar Kevin Hartman, Zero Motorcycles Fleet Sales Director.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com