Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maybach Resmi Lahir Kembali

Kompas.com - 21/11/2014, 11:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Sempat timbul tenggelam dalam beberapa tahun ke belakang, lambang ultra premium Mercedes-Benz, Maybach, akhirnya resmi hadir kembali menggoda para eksekutif kelas dunia. Pengenalan dilakukan di dua tempat, Los Angeles Auto Show (21-30 November) dan Guangzhou Motor Show (21-29 November).

Mercedes-Maybach kini ditempatkan sebagai varian flagship dari sedan S-Class, penantang Bentley dan Rolls-Royce. Pemilik yang seharusnya lebih banyak menghabiskan waktu di jok belakang akan bisa menikmati ruang tambahan sebab Maybach lebih panjang 305mm dari basis S-Class.

Pada 2012, Maybach dianggap tidak menguntungkan secara finansial sebab itu produksinya dihentikan pada 2012 dan penjualannya mati pada 2013. Sejak 2002 dibeli Daimler AG, Maybach hanya jualan 3.000 unit. Kini kebangkitan Maybach mirip seperti perlakuan Mercedes pada divisi performa AMG.

“Di atas spektrum, di bagian pasar mewah, itu semua tentang citra dan tradisi. Saat Anda naik Rolls-Royce anda sudah jelas membuat pernyataan. Kalau anda naik Maybach, masih perlu ada sedikit penjelasan,” kata Carlos Da Silva, analis IHS Automotive, seperti diberitakan Automotve News, Kamis (20/11/2014).

Mercedes belum mengungkapkan harga resmi namun dikatakan tidak lebih mahal dari 200.000 euro atau sekitar Rp 3 miliar. Pemasaran Maybach dimulai tahun depan.

Worldcarfans Fokus pelayanan pada

Kelas bisnis
Semua fokus “ramah-tamah” Maybach fokus untuk bos yang duduk di belakang. Jok belakang terbaru didesain mengikuti kenyamanan kelas bisnis pesawat terbang. Garis atap di bagian belakang sedikit lebih tinggi, menambah ruang untuk kepala.

Ada dua meja kecil yang terletak di konsol tengah belakang, peredam khusus dirancang untuk meminimalisasi kebisingan dari luar, dan bila penumpang ingin menjaga privasi saat macet, kaca panorama bisa dibuat gelap secara otomatis.

Soal kemampuan, Mercedes hanya menjelaskan Maybach dilengkapi mesin V12 dengan kemampuan 530 tk. Akselerasi dari 0-100 kpj bisa ditempuh di kisaran lima detik. Setelah edisi pengenalan, Mercedes sudah menyiapkan tipe tertinggi Maybach yakni Pullman. Bahkan disebutkan ada indikasi kelahiran model Pullman dengan jok tiga baris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com