Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digempur Regulasi, AMG Pertahankan Mesin V12

Kompas.com - 28/10/2014, 10:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - AMG sebagai divisi performa Mercedes-Benz masih tetap pada tradisi menggunakan mesin berkapasitas besar meski berbenturan dengan pedoman aturan emisi yang ketat di Eropa.

AMG saat ini sedang mempersiapkan penggunaan mesin baru V8 4,0 liter yang bakal dipasang ke semua line-up modelnya. Sementara mesin V12 6,0 liter yang ada saat ini akan disesuaikan untuk bisa mendekati aturan emisi dan efisiensi bahan bakar.

Mesin V8 4,0 liter mengusung sistem turbo ganda dan debut perdana akan dipasang di model AMG GT. Jantung pacu tersebut mampu memproduksi 456 tk dan torsi 600 Nm torsi untuk model dasar. "Mesin ini akan menggantikan mesin 5,5-liter ," kata bos AMG, Tobias Moers, seperti dilansir Autocar, Selasa (28/10/2014).

Mesin hibrida
Meskipun beralih ke V8, AMG berjanji tetap menjaga mesin V12 6.0-liter pada modelnya nanti. Hanya saja akan dilakukan revisi yang signifikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, termasuk menambahkan teknologi hybrid.

Moers menegaskan langkah tersebut adalah cara untuk tetap melestarikan ciri AMG dengan mesin besar. Kabarnya, V12 dengan hybrid akan dipadanlan pada model GT Black Series, namun Moers menyebutkan saat ini tidak ada model Black Series yang sedang dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com