Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Kucurkan Rp 60,2 T untuk Hidupkan Lincoln

Kompas.com - 27/10/2014, 12:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Bos Baru Ford Motor Company, Mark Fields, berupaya menghidupkan kembali merek Lincoln yang sempat terabaikan oleh pemimpin perusahaan sebelumnya, Alan Mulally. Lincoln merupakan merek asal Detroit yang dimiliki Ford sejak 1922, tapi dalam dua dekade terakhir mati suri.

Baik konsumen maupun pihak dealer banyak yang mempertanyakan soal kelanjutan merek premium Ford ini di masa depan. Sekarang, dengan dukungan penuh Komisaris Eksekutif Bill Ford dan direksi perusahaan, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini berkomitemen untuk menghidupkan kembali Lincoln. Caranya, dengan menyuntikkan dana segar hingga 5 miliar dollar AS (Rp 60,2 triliun) dalam lima tahun ke depan.

Menurut empat sumber perusahaan, dilansir Reuters (26/10/2014), Lincoln akan menciptakan satu platform kendaraan premium baru. Platform ini akan digunakan untuk menciptakan beberapa model baru di masa depan. Melalui Lincoln, Ford berharap bisa bersaing dengan merek premium global, semacam Mercedes-Benz dan BMW.

Platform Baru
Detail menyangkut pengembangan platform baru dan skala investasi yang disiapkan memang belum diumumkan resmi oleh Ford. "Sangat penting bagi kami untuk memiliki merek premium yang relevan dan kuat. Anda harus melakukan investasi dan membangun merek ini secara berkala," jelas Fields pada Reuters.

Salah satu strategi Lincoln untuk sukses di pasar, adalah dengan menciptakan kendaraan untuk keluarga yang diciptakan menggunakan platform premium yang sangat fleksibel. Platform ini disebut di internal perusahaan sebagai D6, yang nantinya bisa digunakan untuk kendaraan berpenggerak depan, belakang, dan semua roda, sesuai kebutuhan jenis kendaraan.
Versi lain dari platform ini juga akan digunakan baik untuk kendaraan berlabel Lincoln dan Ford, bersamaan.

Akhir Dekade
Upaya menghidupkan kembali Lincoln merupakan investasi signifikan pertama yang dilakukan Ford terhadap merek ini dalam beberapa tahun terakhir. Dengan dana segar ini, Lincoln berencana melepas satu model baru atau penyegaran per tahun mulai setengah dekade mendatang.

Sebelumnya, Ford sudah mengumumkan telah mengeluarkan dana 2 miliar dollar AS (Rp 24,09 triliun) untuk Lincoln dalam dua tahun terakhir. Dana ini disiapkan untuk upaya perkenalan merek pekan ini di China, penyegaran model yang sudah ada, dan ekpansi model lain sampai platform kendaraan model baru siap digunakan mulai 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com