Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-R600 dan R750 Bakal Lebih Dahsyat

Kompas.com - 22/08/2014, 16:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Suzuki siap memberi penyegaran untuk petarung jalanan di segmen menengah, GSX-R600 dan GSX-R750. Hal ini diketahui setelah Suzuki Motor America mendaftarkan kedua model tersebut dalam dokumen California Air Resources Board (CARB).

Suzuki akan mengganti data emisi dari kedua model. Pendaftaran perubahan itu dilakukan hanya jika produsen akan melakukan perubahan pada spesifikasi mesin. Secara garis besar, angka yang berubah menunjukkan emisi naik sedikit yang menunjukkan tenaga semakin besar.

Angka pastinya adalah hidrokarbon 0,26g per km, atau naik dari 0,24g per km. Tetapi, jika dikombinasikan antara hidrokarbon dan NOx, turun jauh dari 0,36g per km ke 0,32g per km. Karbon monoksida naik, dari 1,0g per km menjadi 3,0g per km. Kendati naik, tetapi standar batas ramah lingkungan untuk karbon monoksida adalah 12g per km. Jadi masih sangat ”bersih”.

Sayang, dokumen itu tidak memberi banyak detail. Hanya dikatakan bahwa antara model 2014 dan 2015 mempunyai peranti pengendali emisi yang sama. Info lain, tidak ada penambahan bobot.

Tebakan sementara atas ubahan tersebut, sepeda motor akan mendapat sistem injeksi baru yang memungkinkan adanya peningkatan tenaga. Suspensi juga diprediksi berubah sedikit. Meski demikian, sasis tidak akan berubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com