Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengasah Kompetensi Pebalap Muda Honda Mulai Digelar

Kompas.com - 10/06/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Purwokerto, KompasOtomotif – Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) mengasah kompetensi pebalap muda Indonesia kembali ditunjukan, dengan dimulainya Honda Racing Championship (HRC) 2014, dimulai dengan seri 1 di Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu (8/6/2014). Diharapkan ajang ini menjadi ”kawah candradimuka” menuju jenjang balap tingkat dunia.

HRC 2014 yang merupakan penyelenggaraan tahun ke-12, semakin dikembangkan dengan memperluas wilayah penyelengaraan dan menambah kategori kelas. HRC tingkat regional mulai merambah luar pulau Jawa, digelar di provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Untuk penambahan kategori kelas, dibuka kelas matik di bawah 115cc. Selain itu, kelas khusus 150cc menggunakan CB150R StreetFire kini hadir di setiap kota penyelenggaraan, untuk memberi kesempatan para pebalap berlaga dengan sepeda motor sport.

Kelas CB150R StreetFire ini melengkapi kelas lain yang juga digelar tahun ini yaitu HRC1 (bebek tune-up 125cc 4-tak seeded), HRC2 (bebek tune-up 110cc 4-tak seeded), HRC3 (bebek tune-up 125cc 4-tak pemula), HRC4(bebek tune-up 110cc 4-tak pemula), HRC6 (bebek standar 110cc 4-tak pemula), HRC7 (matic standar sampai dengan 130cc terbuka), serta kelas terbaru HRC8 (matic standar sampai dengan 115cc terbuka).

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM, A. Indraputra, mengatakan, ajang balap ini merupakan salah satu tahapan pembinaan balap berjenjang yang disusun perusahaan dalam rangka membawa pebalap berbakat Indonesia berprestasi hingga tingkat dunia.

"Kami memperluas cakupan kelas dan tempat penyelenggaraan untuk merangkul sebanyak mungkin potensi-potensi balap generasi muda Indonesia. Kami yakin HRC menjadi pijakan kuat para pebalap untuk melompat ke jenjang balap yang lebih tinggi," ujar Indra.

AHM Ajang penggodakan pebalap muda Honda di Indonesia, Honda Racing Championship.

Konsep balap yang sudah terbukti mampu mencetak pebalap-pebalap berprestasi dari tahun ke tahun dipertahankan. Untuk mendekatkan para pebalap dengan masyarakat, dibuka kesempatan paddock visit agar dapat melihat langsung dari dekat paddock tim dan pebalap idolanya. Diharapkan, ini akan memperkuat upaya edukasi yang juga diberikan melalui HRC Tour untuk siswa SLTA.

HRC tahun ini akan digelar sebanyak delapan event (5 series dan 3 non-series). Mulai dari Purwokerto (Jawa Tengah), lanjut ke Cimahi (Jawa Barat), Malang (Jawa Timur), Jakarta (DKI Jakarta), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), Medan (Sumatera Utara), dan Semarang (Jawa Tengah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com