Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lusa, Suzuki Mulai Ekspor Karimun Wagon-R ke Pakistan

Kompas.com - 03/06/2014, 13:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

Jakarta, Kompas.com - PT Suzuki Indomobil Sales akan ekspor perdana Karimun Wagon R ke Pakistan pada 5 juni 2014. Model tersebut merupakan salah satu pemain mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) di Tanah Air.

"Kita ekspor Karimun Wagon-R ke Pakistan. Dipilih Pakistan karena mitra kerja kita disana sudah meminta (memesan)," ujar Komisaris PT Suzuki Indomobil Sales, Subronto Laras, setelah rapat bersama Menteri Perindustrian di Jakarta, Senin (2/6/2014). Dijelaskan, ekspor Wagon-R dalam tahap pertama ini 1.200 unit. Untuk selanjutnya akan ditambah menjadi 1.500 unit kendaraan per bulan.

Sementara itu, per tahun, Suzuki menargetkan mampu mengekspor 20.000 unit, sesuai kontrak yang sudah disepakati bersama. Namun menurut Subronto, ekspor kendaraan bisa saja tidak dalam bentuk kendaraan lengkap, tetapi bisa secara terurai. "Di Pakistan tidak boleh ekspor mobil secara utuh (built up), makanya ekspor itu completely knock down (CKD). Disana dijual sekitar 4.500 dollar per unit," jelas Subronto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com