Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Favorit Para Maling di AS

Kompas.com - 30/05/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Canton, KompasOtomotif- Ingin tahu mobil favorit maling di Amerika Serikat (AS)? Menurut penelitian produsen sistem anti-maling terbesar di AS, Lojack, Honda Accord (sedan) merupakan unit yang selalu mengisi tempat teratas di daftar kehilangan mobil selama lima tahun berturut-turut (2009-2013).

Penelitian serupa yang dilakukan National Insurance Crime Bureau, juga mengungkapkan hal yang sama. Accord adalah mobil yang paling sering dicuri, jumlahnya mencapai 60.000 kasus pada 2012.

Lantas kenapa Accord menjadi target utama si "tangan panjang"? Salah satu eksekutif LoJack menjelaskan, alasannya karena Accord merupakan salah satu sedan terlaris di AS. “Honda Accord terus menjadi mobil terlaris, itu berarti dari tahun ke tahun semakin banyak unit yang beredar di jalan. Ada kemungkinan banyak yang terlibat kecelakaan, dan membutuhkan suku cadang untuk diperbaiki,” ungkapnya kepada ABC, Rabu (28/5/2014).

Dijelaskan, siapapun yang menjual Accord kerap kali mendapatkan keuntungan tiga kali lipat bila dijual dalam bentuk uraian per suku cadang. Terlebih, barang itu bisa digunakan di banyak model tahun. Accord kelahiran 1990-an yang paling banyak dicuri.

Perlu diketahui, LoJack hanya menghitung jumlah mobil yang menggunakan produk anti maling bikinan perusahaan. Honda merespons temuan ini dengan mengatakan, hasil tersebut tidak bisa menjelaskan seluruh prilaku kriminal. Namun dikatakan, mobil baru telah dilengkapi sistem keamanan tambahan untuk mencegah aksi pencurian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com