Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Salju Berlalu, Produksi Mobil Bergerak Lagi

Kompas.com - 19/02/2014, 09:14 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Setelah terganggu oleh badai salju di Tokyo, kegiatan produksi produsen mobil  Jepang dimulai lagi. Toyota Motor Corporation (TMC) mengaku sudah beroperasi kembali mulai kemarin (18/2/2014).

Ada empat pabrik Toyota yang terganggu produksinya. Namun TMC memastikan kegiatan perakitan di tiga pabrik Takaoka, Motomachi dan Tahara - Jepang Tengah  - berangsur normal. Masalah utamanya, kiriman komponen umntuk produksi terganggu. Hanya pabrik Tsutsumi yang merakit Prius masih belumberoperasi normal sampai waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, Mazda Motor Corporation menyatakan masih menutup pabriknya di Hiroshima karena masalah sama. Masalah yang sama jauga dialami pada salah satu pabriknya di Yokohama.

Badai salju yang terjadi sejak pekan lalu melumpuhkan transportasi publik di Tokyo dan sekitarnya. Menggangu semua kegiatan distribusi, mulai dari makanan, komponen, dan kebutuhan lainnya di negeri itu. Beberapa merek yang mengalami gangguan, adalah Toyota, Nissan, Honda, Suzuki, Mazda dan Subaru.

Kondisi ini merugikan karena setiap merek lagi berlomba-lomba menggenjot produksi untuk memenuhi pasar domestik Jepang, menyusul rencana kenaikan pajak pada April mendatang.

"Mungkin agak susah mengejar kapasitas produksi yang hilang, tapi masih bisa diperoleh, tergantung keinginan perusahaan mengoperasikan pabrik pada akhir pekan," jelas Satomi Hamada, analis senior IHS Automotive yang dilansir Reuters (18/2/2014).

Kondisi ini akan berdampak sedikit pada penjualan domestik dalam beberapa bulan ke depan yang terus digenjot. Sementara Honda, Suzuki dan Subaru mengaku, pabrik mereka sudah beroperasi kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com