Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Berniat Lepas Beetle Jadi Merek Mandiri

Kompas.com - 30/04/2014, 17:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops
Wolfsburg, KompasOtomotif - Volkswagen AG berhasil menjual 120.000 unit Beetle periode 2013 lalu, dan berniat menambah pundi-pundi penjualan. Salah satu dengan melepas produk ikonis ini menjadi merek dagang mandiri, seperti yang dilakukan BMW pada MINI.

Dengan nilai sejarah yang kuat dan desain retro yang khas, pabrikan terbesar mobil Eropa punya kepercayaan diri kalau Beetle bisa sukses di pasar. Termasuk memproduksi beberapa model konsep modern, Bulli, yang sudah diperkenalkan sejak 2011.

Dilansir majalah otomotif AutoBild, VW mau meraup keuntungan dengan generasi terbaru Beetle. VW sudah mengumumkan kalau Bulli baru akan dipasarkan paling cepat 2019, bersamaan dengan rencana melahirkan kembali generasi terbaru Beetle. Pasokan komponen akan banyak berbagi dengan model yang sudah ada, seperti Touran dan Golf Sportvan.

Pada presentasinya, Bulli akan dibekali teknologi penggerak semua roda, 4Motion, mesin 3-silinder terbaru dengan turbo. Selain itu, kabarnya juga akan ada varian listrik murni.
Selain Bulli, VW juga tengah menyiapkan varian baru Beetle Coupe yang mengombinasikan gaya antara konsep Dune dan E-Bugster. Model ini juga dikembangkan tanpa melupakan aspek sejarah Beetle yang insiratif.

Dengan bentuk desain yang lebih sporty dengan jendela lebih sempit dan atap yang khas. Rencananya mau dibekali mesin bensin bertenaga 300 hp, juga dengan sistem penggerak semua roda.

Terakhir, Beetle juga sangat mungkin menambah varian lain yakni menyentuh ranah crossover atau SUV kompak. Menawarkan Beetle dengan kaki lebih kekar bergaya mobil off-road. Pilihannya, penggerak semua roda, juga ada pilihan varian hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com