Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

R15 Bukan Sekadar V-ixion Berjubah

Kompas.com - 24/04/2014, 14:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak yang menganggap Yamaha R15 adalah V-ixion yang diberi jubah alias fairing. Namun, dalam peluncuran resmi yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semalam (23/4/2014), di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, cukup banyak perbedaan dari keduanya, terutama di sisi teknikal.

M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, menjelaskan bahwa mesin keduanya memang identik. Bahkan tenaga dan torsi sama, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Namun, ada poin perbedaan yang membuat R15 punya karakter lebih sporty. ”R15 ini adalah versi terakhir dengan coefisien drag lebih baik 4 persen ketimbang model lama. Setelan ECU, karakter, dan handling berbeda dengan V-ixion,” ujarnya.

Berikut perbedaan antara R15 dan New V-ixion Lightning (NVL):

1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play.

2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL.

3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.

4. Bobot. R15 136 kg, sementara NVL 129 kg. Dengan bobot lebih berat, namun Abidin menegaskan tenaga akan sama, terutama karena andil lengan ayun aluminium dan poin no. 3.

5. Jarak sumbu roda. R15 lebih panjang 4,5 cm.

6. Handling. R15 lebih mantap karena punya rasio berat hampir seimbang, 49,3 persen depan dan 50 persen belakang. Bandingkan dengan NVL dengan distribusi berat depan 47,3 persen dan belakang 52,7 persen. Didukung ban tapak lebar, manuver lebih stabil.

7. Sistem kelistrikan R15 full DC. Ciri-cirinya, kunci kontak diputar ke ”on”, lampu utama menyala.

Sebagai informasi tambahan, Abidin mengklaim dalam pengetesan internal R15 bisa digeber hingga kecepatan puncak 138 kpj. Jika kurang puas dengan tenaga dan kecepatan, YIMM menyiapkan ECU Daytona dan pemasangan knalpot Sakura untuk menambah tenaga. Setelah ECU bisa dilakukan dari gadget berbasis Android! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com