Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail MPV Datsun di Bawah Rp 100 Juta untuk Indonesia

Kompas.com - 07/04/2014, 14:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -- Datsun Go+ versi konsep sudah beberapa kali dipajang dalam event yang berbeda-beda. Karena produksi dikabarkan sudah mulai dilakukan, versi trial atau yang lebih mendekati versi produksi pun mulai dipajang di showroom. KompasOtomotif coba mendekati MPV murah itu di ruang pamer Nissan MT Haryono, Jakarta, Senin (7/4/2014). Siapa tahu ada yang berbeda.

Dugaan itu ternyata benar adanya. Sekilas memang sama, tetapi ada beberapa detail yang jika diamati tampak beda. Indikasi terbesar, model yang dipajang adalah salah satu tipe yang akan dipasarkan tak lama lagi.

Donny Apriliananda Dari belakang, sudah ada spoiler dan sensor parkir.
Dari luar, mobil tujuh penumpang itu tampak semakin mewah dengan tambahan spoiler di kaca belakang. Tambahan dua titik sensor parkir menandakan semakin dekatnya dengan versi yang akan dijual kepada konsumen.

Pelek kaleng di dalamnya ditutup dop yang membuat penampilan lebih sporty. Lalu, ada tambahan pelindung pintu sewarna bodi, melengkung mengikuti garis. Selebihnya, masih sama dengan versi yang sering dipajang di berbagai ajang, termasuk IIMS 2013 silam.

Donny Apriliananda Interior, ada yang berubah pada sistem audio.
Interior
Di dalam, ternyata juga ditemukan beberapa perubahan. Audio yang dalam konsep berjenis docking system tanpa head unit, tetapi versi ini sudah menyandang tipe single DIN. Dari informasi yang dihimpun KompasOtomotif di lokasi, konsumen bebas memilih, menggunakan audio
single DIN atau
docking system yang hanya akan menyala ketika tersambung dengan gadget.

Selebihnya hampir sama. Hanya ada beberapa sentuhan aksesori, seperti lapisan kayu di power window switch. Sementara untuk material jok, konfigurasi tempat duduk, setir, dan panel instrumen tidak ada yang berbeda.

Donny Apriliananda Mesin Datsun Go , menggunakan tipe yang mirip dengan Nissan March.
Mesin March
Kap mesin dibuka, tampak mesin tiga silinder teronggok siap tempur. Kabarnya, inilah mesin yang juga dipakai untuk March, berkapasitas 1.200cc.

Sumber KompasOtomotif menyebutkan, mobil ini akan siap dan mulai dijual ke konsumen awal Juni mendatang. Untuk saat ini, Datsun Indonesia yang berada di bawah naungan PT Nissan Motor Indonesia masih mendata peminat dan disinyalir cukup banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com