Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok International Motor Show 2014

Konsep Ford Everest "Mejeng" di Bangkok

Kompas.com - 25/03/2014, 17:50 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif - Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Ford, tengah mendesain SUV anyar penyempurnaan dari Everest yang saat ini masih beredar. SUV berstatus konsep tersebut diperkenalkan pertama kali kepada publik di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2014, di Chalanger Impact, Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand, Selasa (25/3/2014). Banyak kemampuan yang ditawarkan dan tentunya dijamin sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia.

"Soal kemampuan, spesifikasi, dan detail, kita akan menjelaskan nanti. Yang pasti, produk yang dipasarkan di Indonesia, mampu menerjang banjir," ujar Bagus Santoso, Managing Director Ford Motor Indonesia usai peluncuran.

Bukan hanya Everest, lanjut Bagus, salah satu SUV yang mengisi segmen di bawahnya, yakni Ecosport, juga punya kemampuan serupa. Diklaim mampu menerjang genangan air mencapai 55 cm atau di atas ban. Ia pun memastikan performa Everest nantinya bakal lebih mumpuni.

KompasOtomotif Body terkesan lebih kokoh dengan dimensi terlihat ramping
Ketangguhan
Proses peluncuran dilakukan oleh President Ford Asia-Pasific Dave Schoch, dan President Ford Asean Matt Bradley. "Ford Everest Concept menunjukkan arah baru yang berani untuk medium SUV 7-penumpang, yang dirancang untuk pasar ASEAN dan juga global. Everest Concept menyajikan desain menakjubkan yang menonjolkan ketangguhan dan kemampuan yang luar biasa. Seperti Everest yang saat ini beredar, versi produksi dari SUV generasi selanjutnya akan mulai dibangun di Thaliand," kata Bradley.

Secara fisik, desain berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Mulai dari gril yang lebih elegan, lampu depan futuristik, serta ban dan diameter velg yang lebih besar. Body lebih banyak lekukan, terutama di atas sepatbor. Tongkrongan kendaraan jadi lebih kekar meski dimensi terlihat lebih ramping.

Meski masih dirahasiakan, beberapa media memprediksi mobil tersebut bakal menggendong mesin bensin 2.5L DuraTech atau diesel 2.2L DuraTorq TDCi. Untuk transmisi, ada manual enam percepatan dan otomatis lima percepatan. Tersedia juga produk varian gerak roda belakang dan empat roda (four wheel drive). "Tunggu saja nanti kejutan dari kami," tutup Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com