Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sketsa Desain Baru Ford Everest

Kompas.com - 18/03/2014, 19:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Sejak pertama kali menampilkan generasi terbaru Everest dalam wujud konsep, di Australia, Agustus lalu, Ford mengatakan pemasaran dimulai pada akhir 2015 sebagai model 2016. Nampaknya kemajuan persiapan peluncuran terus dilakukan. Indianautosblog, Senin (17/3/2014), menampilkan gambar paten SUV 7 penumpang yang dilansir dari situs China.

Dijelaskan, hampir 90 persen versi produksi identik dengan konsep. Seluruh desain dikerjakan oleh tim Ford Australia untuk memenuhi ekspektasi konsumen di seluruh dunia. Diberitakan Everest terbaru mengenakan platform sama dengan New Ranger, namun dengan jarak sumbu roda lebih pendek.

Perawakannya tetap sama, ground clearance tinggi, dan gril trapezoidal. Detail desain terlihat lebih urban dan “membumi”, walau tetap menunjukan karakter berotot.  

Bensin dan diesel
Diprediksi akan menggunakan mesin bensin 2.5 liter DuraTec, dan diesel 2.2 liter DuraTorq TDCi. Untuk transmisi, ada manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Juga tersedia varian penggerak dua roda belakang atau semua roda (all wheel drive).

Di India, Everest anyar akan bersaing bersama Toyota Fortuner yang juga dikabarkan segera mendapatkan versi All-New. Berbeda dengan Ford, Toyota mengganti tipe sasis body-on-frame dengan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Beberapa media India mengatakan, sebelum versi ini dirilis, Ford akan meluncurkan edisi facelift Everest lebih dahulu. Setelahnya model terbaru datang setahun kemudian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com