Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Rute-rute Berat Avanzanation Journey Wilayah Barat

Kompas.com - 06/03/2014, 11:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serang, KompasOtomotif – Ribuan kilometer sudah dilalui tim Avanzanation Journey wilayah Barat. Berbagai tipe jalan pun dilahap. Infrastruktur di Indonesia yang kurang baik menyisakan pengalaman seru bersama MPV sejuta umat Toyota Avanza. Tercatat beberapa titik jalan rusak, bergelombang, yang membuat tim harus meningkatkan kewaspadaan. Sejenak tim melakukan flashback rute-rute berat yang telah ditempuh sebelum melanjutkan eksplorasi menuju finish di Jakarta.

Berikut rute-rute Berat selama perjalanan:

1. Rute cukup berat pertama yang dilalui adalah jalanan sekitar Toba. Kebetulan, saat itu tim sedang melaju di kawasan bencana letusan Gunung Sinabung. Selain berdebu, mayoritas struktur jalan kombinasi antara batu kecil dan pasir. Beberapa kali tim juga dihadapkan pada lubang.

2. Menuju Candi Muara Takus. Selepas Sumatera Utara, tim bergerak menuju Pekanbaru. Sebelumnya, singgah dulu di salah satu peninggalan sejarah. Untuk menuju candi Buddha ini, konturnya hampir sama dengan kawasan Toba, mayoritas aspal yang tak lagi utuh dan diwarnai banyak lubang dan debu.

3. Jambi-Bengkulu via Curup. Rute ini luar biasa menguji adrenalin. Selain jalan perbukitan dengan kontur naik-turun, kondisi jalan rusak parah dengan banyak lubang besar. Apalagi, truk pengangkut komoditi juga menjadikan jalan ini sebagai rute alternatif. Adrenalin semakin naik ketika tahu jika daerah ini rawan kejahatan. Antara sedikit menambah kecepatan agar tak kemalaman dan seni menghindari lubang serta memilih jalan menyimpan cerita tersendiri.

4. Serang-Banten. Entah kenapa, rute ini ”ikut-ikutan” tak bersahabat. Padahal, seharusnya infrastruktur di Jawa yang notabene lebih dekat dengan pusat, lebih baik ketimbang Sumatera. Nyatanya, tim kerap menemui jalanan berlubang, apalagi musim hujan yang sering meninggalkan genangan.

Bekal skill mengemudi yang mahir ternyata belum cukup. Kendaraan yang dipakai harus mumpuni. Felix, salah satu anggota klub Avanza yang menjadi bagian dari tim Avanzanation Journey wilayah Barat mengakui, Avanza adalah kendaraan keluarga serbabisa yang mampu melewati kondisi jalan rusak, mewakili seluruh konsumen di Indonesia.

”Tak hanya bisa melalui berbagai kontur jalan, berkat ground clearance tinggi dan paket suspensi yang mumpuni, jalan rusak bisa dilalui dengan nyaman dan bisa bermanuver dengan stabil,” begitu testimoninya di setiap konferensi pers yang digelar main dealer di kota-kota sepanjang Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com