Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Pertahankan Harga

Kompas.com - 17/01/2014, 16:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif- Di saat merek lain sudah menaikkan banderol kendaraannya per 1 Januari 2014, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) coba bertahan dengan harga lama.

"Sampai sekarang masih belum ada kenaikkan, tapi kami sudah membicarakannya, walau belum diputuskan," jelas Astrid Ariani Wijana, Manajer Pemasaran Senior MMI kepada KompasOtomotif di Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2014).

Seperti diketahui, Pemerintah Daerah biasa menetapkan acuan tabel baru Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PPNKB) setiap awal tahun. Acuan ini pasti memicu harga kendaraan naik.

Selian itu, nilai tukar dollar AS yang masih bercokol di atas Rp 12.000 membuat MMI yang sebagian besar produknya diimpor langsung berpengaruh. "Kenaikan harga pasti terjadi, setidaknya sampai Februari baru ada harga baru," lanjut Astrid.

Rp16 Juta
Kenaikan harga, menurut Astrid, akan mengacu pada PBBNKB baru ditambah pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Dari daftar harga resmi Mazda per Januari 2014, model termurah yang dipasarkan adalah VX-1 Grade V Metro, Rp 164,8 juta dan termahal CX-9 Rp 819,6 juta.

"Biasanya kenaikan harga Mazda berkisar 1 persen sampai 2 persen dari harga jual," jelas Astrid.

Mengacu informasi ini, kalau dihitung kasar, maka kenaikkan tertinggi awal tahun ini bisa berkisar Rp 16 jutaan untuk model tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com