Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Infiniti-Mercedes-Benz Siapkan Crossover

Kompas.com - 15/01/2014, 11:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Merek premium dari kelompok Nissan, Infiniti mengaku sedang menyiapkan platform kendaraan baru dengan Mercedes-Benz.  Dari kolaborasi ini,  kedua merek akan menciptakan empat model baru, salah satunya crossover.

Johan de Nysschen, Presiden Infiniti yang dilansir Bloomberg (14/1/12014) mengatakan, model perdana yang memanfaatkan platform ini baru dipasarkan 2017 mendatang.

Sementara Daimler prinsipal dari Mercedes-Benz menyatakan September lalu, sudah siap mengembangkan kerjasama dengan Nissan dan Renault SA menciptakan komponen untuk mobil kompak. Mercedes juga sudah mengizinkan Infiniti memanfaatkan teknologi transmisi berdasarkan kesepakatan kedua perusahaan pada 2012. 

"melalui kerjasama ini, kami membuka proyek baru selama semua pihak bisa mendapatkan keuntungan. Kami terus membicarakan berbagai topik baru. Proyek baru dikomunikasikan secepatnya setelah disetujui semua pihak," beber Thomas Froehlich, juru bicara Daimler.

Nysschem menjelaskan, Infiniti  kini berkantor pusat di Hongkong sejak 2012, akan membangun pabrik kedua di Amerika Utara. Belum ada keputusan, apakah pabrik di Amerika Serikat atau Meksiko mendapat limpahan produksi untuk memasok kebutuhan di luar Jepang. Keputusan diumumkan pada kuartal pertama tahun ini.

Q30
Infiniti juga sudah memastikan mulai merakit Q30 dalam dua pilihan mesin bensin dan diesel baru di pabrik Inggris mulai tahun depan. Merek premium ini juga berniat merakit di pabrik Nissan di Xingyang, China tengah dalam waktu dekat.

"China merupakan lokasi di mana masa depan kami berada. Nantinya, akan menjadi pasar premium terbesar di dunia," tukas Nysschen. Tahun lalu, total penjualan mobil premium di China melesat 54 persen menjadi 17.108 unit dari periode yang sama sebelumnya.

Sekarang, Infiniti mengandalkan hanya dua pabrik saja, yakni di Jepang dan AS. Sementara penjualan di AS turun 2,9 persen tahun lalu menjadi tinggal 116.455 unit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com