Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Yakin Tahun Ini Bisa Menjual 2,7 juta Sepeda Motor

Kompas.com - 09/01/2014, 08:13 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia sangat optimistis mengarungi pasar Tanah Air pada 2014 ini. Untuk itu, ditargetkan penjualan sekitar 2,7 juta unit atau naik 4 persen daripada tahun lalu 2,45 juta unit pada kondisi dan situasi ekonomi yang tidak pasti. Sedangkan total penjualan sepeda motor tahun ini diperkirakan 7,6 juta unit di 2014.

Menurut Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, situasi dan kondisi situasi pasar yang naik-turun pada 2013 dampak terasa terhadap penjualan. Bahkan, permintaan sempat turun pada April-Mei karena DP dan harga bahan bakar naik. 

”Karena kenaikkan UMR sudah ditetapkan pada akhir tahun, penjualan di Jawa naik 18 persen, namun di luar Jawa turun 15 persen. Harapan tahun ini, permintaan lebih stabil meski tumbuh sedikit. Kami masih harus dihadapkan dengan berbagai rintangan, antara lain nilai tukar rupiah, dan harga bahan bakar. Target, setiap bulan harus lebih baik dari tahun lalu,” beber Dyon, Selasa (7/1/2014).

2-3 Model
Untuk ”mengetes” pasar, Yamaha sudah meluncurkan produk baru di awal tahun, yaitu  GT125 Eagle Eye, skutik menengah-atas, pengembangan dari Xeon untuk bertarung dengan Honda Vario Techno 125.

Optimisme langsung terpancar, karena sambutan terhadap model  baru ini cukup besar. Menurut Eko Prabowo, GM Promosi dan Pengembangan Komunitas YIMM, di Bali, GT125 sudah inden padahal belum diumumkan. ”Itu cuma dipajang di dealer, pesanan sudah mencapai 500 unit. Saya yakin di beberapa daerah juga demikian,” ungkapnya.

Ditambahkan, selain GT125 Eagle Eye, YIMM sudah menyiapkan sejumlah amunisi untuk menghadapi pertarungan di semester pertama 2014. Akan ada 2 sampai 3 model lagi yang siap menetas, salah satunya Yamaha R15, model sport ber-fairing yang untuk menguasai segmen sport 150cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com