Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei, Penjualan Nissan Indonesia Drop

Kompas.com - 01/06/2011, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan (wholesale) Nissan pada Mei lalu drop. Teddy Irawan, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Nasional PT Nissan Motor Indonesia, memperkirakan turunnya sampai 39,3 persen menjadi 2.000 unit dari bulan sebelumnya 3.296 unit dampak dari tersendatnya pasokan komponen dari Jepang.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang Januari-April 2011, NMI telah menjual 17.101 unit. Dari grafik penjualan bulanan yang ada, rata-rata Nissan berada di kisaran 3.500 unit. Kondisi ini lebih baik dari periode yang sama tahun lalu cuma 11.876 unit, atau rata-rata 2.900 unit.

Teddy memastikan, meski angka wholesale Nissan turun cukup dalam bulan lalu, diprediksi penjualan ritel (dealer ke konsumen) akan berada di atas 2.000 unit. Hal ini mungkin terjadi karena sejumlah dealer masih punya stok unit yang tersisa di gudang untuk dijual ke pasar.

Tiga besar

Sementara itu, Toshiyuki Shiga, Chief Operating Officer Nissan Motor Company Limited (prinsipal), menambahkan, Nissan punya rencana jangka panjang di Indonesia. Sampai akhir tahun, jelasnya, Nissan menargetkan penjualan akan mencapai 60.000 unit dan menggenggam pangsa pasar 7,6 persen.

Tahun depan, lanjut Shiga, Nissan berharap bisa meningkatkan penjualan ke 90.000 unit dan pangsa pasar 10 persen. "Tahun 2013, kami bertekad masuk ke jajaran tiga besar di Indonesia. Dengan dukungan produk, layanan purna jual dan jaringan penjualan yang bagus, hal ini bisa diwujudkan," jelas Shiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com