Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jimmi Hendrix di Interior VW Bulli

Kompas.com - 14/03/2011, 15:17 WIB

JENEWA,KOMPAS.com -  Begitu melihat model dan penampilannya – apalagi dengan cat dua warna (two-tone) – orang-orang jaman dulu atau penggemar VW, pasti teringat dengan VW kombi atau di Indonesia dikenal juga dengan VW Roti Tawar.

Tak salah! VW sengaja menghadirkan kembali atau mendaur ulang produk legenda mereka, yaitu VW Kombi yang disebut juga sebagai Transporter! VW Kombi sangat dikenal di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat  yang menyebutnya  mikrobus.  

“Diciptakan untuk mengembalikan semangat kebebasan otomotif 64 tahun lalu,” jelas VW dalam rilis khusus Bulli. Nama Bulli pun diambil dari julukan VW Kombi di Jerman yang dirancang pada 1947. Di Amerika Serikat, pada 1970-an  VW Kombi banyak digunakan oleh kaum hippies buat sebagai tenda berjalan dan menjadi simbol perlawanan terhadap kemampanan.

Minibus Listrik
Bulli yang   dipamerkan ke publik di Jenewa,  tidak bisa lagi disebut mikrobus. Pasalnya, dimensi van monobox (punya sedikit hidung) ini sangat kompak, yaitu  3,999 m, lebar 1,75 m, tinggi 1,7 m dan jarak sumbu roda 2,52 m (lebih panjang dari VW Golf). Dimensi tersebut, lebih pendek dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia (panjang 4,1 meter). Karena itu pula VW menyebut MPV kompak dan tenda berjalan.

Ciri baru namun konsep lama yang masih dipakai pada mobil ini, memuat 6-penumpang (termasuk pengemudi) dengan dua deret bangku. Satu deret untuk tiga penumpang, persis seperti VW Kombi jadul!

Perbedaan lain, Bulli sekarang lebih ramah terhadap  lingkungan. Versi yang pamerkan adalah  listrik. Kendati demikian, VW mengatakan, juga akan mempersiapkan mesin bensin atau diesel injeksi langsung berkapasitas 1,0 liter atau 1,4 liter.  

Untuk versi listrik, motor menghasilkan tenaga  85 kW dan torsi 270 Nm yang diperoleh melalui baterai lithium-ion 40 kWh. Baterai disusun secara berlapis di lantai, sekali isi bisa buat menempuh jarak  300 km.

Motor listrik dan sistem penggerak van ini berada di roda depan. Bangku belakang bisa dilipat rata untuk membuat ruang bagasi bertambah besar, sedang depan depan 2/3. Cara ini ditiru dari Kombi lama.

Gitar Fender
Interior menggabungkan unsur masa lalu dan moderen. Di bagian tengah dipasang iPad yang bisa dilepas dan bisa dimanfaatkan untuk menelpon (dengan sistem tidak perlu dipegang  dan navigasi. Dudukan  iPod juga digunakan untuk kontrol AC dan saklar lampu darurat.  

Untuk hiburan musik, sistem dibuat oleh produsen dan gitar legendaris dari Amerika Serikat Fende. Menurut VW dengan cara ini, penumpang menikmati tata suara seperti orang menonton pertunjukan langsung,” Seperti menonton Jimmi Hendrix di Woodstock 1969 memainkan lagu kebangsaaan Amerika Serikat, ”The Star-Spangled Banner", dengan gitar Fender Stratocaster.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com