Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Dunia Naik Mercy Tanpa Bensin

Kompas.com - 11/01/2011, 17:28 WIB

DETROIT, KOMPAS.com - Mercedes-Benz ingin menunjukkan kepada dunia mengenai teknologi fuel-cell yang diterapkan pada model B-Class. Mobil tak cuma dipajang pada event NAIAS 2011. Saat pembukaan pameran, kemarin (10/1/2011) , produsen mobil Jerman itu melakukan seremoni terhadap tiga unit B-Class F-cell yang akan melakukan perjalanan keliling dunia.

Perjalanan yang menghabiskan waktu 125 hari, dimulai akhir Januari mendatang membelah  empat benua dengan melewati 14 negara dengan berbagai karakteristik cuaca dan suhu udara. Tujuannya,  mengampanyekan efektivitas penggunan teknologi fuel cell pada mobil biasa (konvensional).

Ketiga unit B-Class fuel-cell digerakkan oleh listrik  yang dihasilkan dari reaksi  oksigen dan hidrogen. Sekali jalan, mobil yang mempunyai tenaga 136 HP dan torsi 290 Nm mampu menempuh jarak 400 km.

"Hari ini, 125 tahun yang lalu pertama kali otomotif diciptakan. Tapi kami yakin, kita akan menemukan solusi yang tepat untuk memanfaatkan potensi yang luar biasa ini," ujar Thomas Weber, salah satu anggota Group Research and Development Daimler seperti dilansir autoevolution (10/1/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com