Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laris Manis Rolls-Royce Seharga Rp 9 miliar di China

Kompas.com - 30/11/2010, 12:05 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Rolls-Royce Motor Cars Ltd., dari kelompok Bayerische Motoren Werke AG, terkenal dengan produk ultra-mewahya, Rolls-Royce (RR), tahun ini menikmati kenaikkan penjualan di China. Tahun depan, RR berencana bisa menjual 800 unit mobil di China, demikian dilaporkan oleh Bloomberg.com.

Dilaporkan pula, penjualan RR di China dalam dua tahun terakhir naik delapan kali lipat. Dalam 10 bulan terakhir 2010, RR telah menjual 500 unit. Sedangkan tahun lalu hanya 100 unit. Angka penjualan tersebut seperti  dibeberkan Paul Harris, Direktur Regional Asia-Pasifik RR di Singapura. Penjualan di China termasuk untuk Hong Kong.

Superkaya
Di China, Rolls-Royce tidak sendirian menggoda entrepreneur superkaya. Juga ada produsen mobil mewah asal Eropa lainnya, yaitu Volkswagen dengan Bentley dan Daimler AG dengan Maybach.

Model RR paling banyak terjual di China adalah sedan Panthom dan Ghost. Dengan ini pula, China menjadi negara dengan pertumbuhan penjualan mobil ultramewah tertinggi di dunia saat ini. Menurut Hurun Research yang berbasis di Shanhai, saat ini di China terdapat 875.000 orang superkaya, naik 6,1 persen lebih dibandingkan dengan tahun lalu. “Pasarkan China satu  satu arah. Terus tumbuh,”tukas Harris.

Harga RR di China termasuk mahal karena dikenakan pajak impor mobil mewah yang cukup tinggi. Sebagai contoh, RR Phantom dijual  mulai dari 6,6 juta yuan atau setara dengan 9990.000 dolar Amerika Serikat (AS). Kalau dikonversi ke rupiah sama dengan 9 miliar lebih. Sedangkan di Amerika Serikat, mobil yang sama dijual 380.000 dolar AS atau sekitar Rp 3,45  miliar

Pasar Terbesar
China kini menjadi pasar terbesar RR  melewati Amerika Serikat. Malah tahun depan, diperkerkirakan penjualan RR di China tiga kali  penjualan di Amerika Serikat pada 2009. Karena itu RR e akan menambah empat lagi dealernya di China pada pertengahan tahun depan, yaitu di Tianjin, dan Wuhan. Produsen yang bermarkas di Goodwood, Inggris itu kini dipimpin oleh  Torsten Müller-Ötvös dan punya delapan dealer di China.

Dikabarkan pula, RR  akan memperkenalkan model terbaru Desember mendatang. Tahun lalu, penjualannya turun 17 persen. Pada tahun ini, penjualan RR di seluruh dunia sudah mencapai 2.007 unit, melewati  angka tertinggi sebelumnya, 2008 yaitu 1.212 unit. Tahun lalu penjualan RR hanya 1.002 unit.

Phantom yang menggunakan mesin 6,75 liter, standarnya dilengkapi dengan interior berlapis kulit lembut. Selain versi standar, di China juga dijual Phantom dengan jarak sumbu roda  lebih panjang seharga 8,2 juta yuan atau Rp 10,9388 miliar.

Saat ini,  pembeli RR di China harus menunggu mobilnya sampai akhir Mei tahun depan. “Ini adalah cerita sukses entrepreneur China. Mereka telah bekerja keras dan sekarang menghargainya dengan yang mereka beli,” komentar Harris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com