Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengganti Murcielago yang Lebih "Hijau"

Kompas.com - 15/11/2010, 18:43 WIB

SANT'AGATA BOLOGNESE, KOMPAS.com - Setelah mengumumkan produksi terakhir Murcielago awal bulan ini, produsen mobil sport asal Italia Automobili Lamborghini SpA sudah menyiapkan penggantinya. Bahkan pihak Lamborghini menjamin kendaraan barunya itu lebih "hijau"  karena memiliki emisi gas buang 20 persen lebih rendah tanpa mengorbankan performa mesin. Hanya, soal nama belum diutarakan meski isyunya disebut-sebut sebagai Jota.

Seperti apa sosok mobil tersebut,  akan bisa disaksikan pada gelaran Geneva Auto Show 2011, Maret tahun depan di Swiss. "Model baru ini merupakan bagian dari komitmen Lamborghini untuk terus memangkas emisi gas buang hingga 35 persen pada 2015 mendatang," ujar Cheif Executive Officer Lamborghini Stephan Winkelmann dalam siaran persnya hari ini (15/11/2010).

Lamborghini "dipaksa" Uni Eropa untuk mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) ke titik maksimum 130 g/km. Jumlah ini sesuai dengan standar ditetapkan untuk mobil yang dipasarkan di Eropa. Sementara Lamborghini terbaru itu akan memiliki emisi 398 g/km CO2 dari sebelumnya 495 g/km.

Supercar ini akan dibekali mesin baru berkapasitas 6,5 liter bertenaga 700 HP, lebih besar dari Murcielago yang hanya 640 hp. Tapi diklaim lebih hemat bahan bakar dibanding Ferrari 599 GTB Fiorano yang memiliki tenaga maksimum 620 HP. Nah, Winkelmann menyatakan kelebihan ini yang menjadi senjata utama Lamborghini untuk bersaing dengan rivalnya Audi GT.

Selain di sektor jantung pacu, untuk terus menurunkan kandungan emisi Lamborghini juga menggunakan ban baru dengan resistensi rendah. Juga desain bodi baru yang lebih aerodinamis dan menggunakan serat karbon sehingga mampu menurunkan bobot kendaraan sampai 100 kg.

Penjualan Turun
Setelah produksi Murcielago dihentikan,  penjualan Lamborghini menurun. Apalagi, kini hanya memiliki satu model yang masih dipasarkan, yakni Gallardo V10. Sedang yang baru mulai dipasarkan rencananya paruh kedua 2011.

"Tentu saja kondisi ini berpengaruh pada penjualan kami. Dibandingkan 2009, kami menerima risiko absennya Murcielago pada tahun ini," jelas Winkelmann.

Sepanjang enam bulan pertama 2010, pendapatan Lamborghini melemah 2,6 persen dibandingkan periode tahun lalu yang mengantongi 152,9 juta euro. Sedangkan rival utamanya, Ferrari justru hampir memecahkan rekor penjualan sepanjang tiga kuartal pertama dengan pendapatan meningkat 12,6 persen menjadi 446 juta euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com