Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bugatti Veyron Super Sport Raih Kecepatan Tertinggi

Kompas.com - 06/07/2010, 13:28 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Bugatti Veyron Super Sport 16,4 berhasil masuk Guinness Book of Record atau GBR karena berhasil menembus kecepatan tertinggi lebih dari 430 km/jam. Rekor diukir di trek Ehra-Lessien Group Volkswagen, dekat Wolfsburg, Jerman, akhir pekan lalu.

Dikemudikan oleh tester Bugatti, Pierre Henri Raphanel, dan didampingi ofisial inspeksi Jerman, mobil ini mencapai kecepatan tertinggi 428 km/jam ketika melesat pada kali pertama. Saat dicoba lagi dan disaksikan perwakilan dari GBR, Pierre mampu meningkatkan laju mobil sampai 434 km/jam.

"Semula kami hanya menargetkan kecepatan 425 km/jam. Namun, cuaca yang cerah membolehkan kami melaju lebih," ujar Kepala Insinyur Bugatti Dr Wolfgang Schreiber dalam siaran persnya.

Anda tentu bertanya, apa yang membuat Bugatti Veyron Super Sport bisa melesat sekencang itu? Dari balik kap mesin teronggok mesin bertenaga 1.200 PS dengan torsi 1.500 Nm. Tenaga itu 200 PS lebih besar dari versi Veyron standar.

Para insinyur Bugatti coba mendongkrak mesin 8.000 cc, 16 silinder, dengan menggunakan empat turbocharger yang lebih besar, termasuk memperbesar intercooler. Terus, sasis dikembangkan lagi, stabilisator diperkuat dan suspensi balap disematkan pada keempat roda.

Untuk meraih tingkat aerodinamika yang tinggi, bodi disempurnakan lagi. Penyempurnaan termasuk pada struktur cangkang tunggal yang semuanya dari karbon. Bahan ini tak cuma membuat bobot berkurang, tapi keselamatan pun terjamin.

Dari penyempurnaan itu, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 2,5 detik. Dicoba 0-200 km/jam, hanya butuh 7,3 detik, lalu 0-300 km/jam dicapai dalam waktu 15 detik.

Debut Super Sport 16,4 ini akan dilangsungkan di Pebble Beach Concours d'Elegance di California, Amerika Serikat, Agustus mendatang. Soal harga, konon Bugatti satu ini diperkirakan berharga 1.800.000 dollar AS dan diproduksi 30 unit pada musim semi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com