Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Big Scooter" dari Malang

Kompas.com - 23/06/2010, 14:16 WIB

KOMPAS.com — Skutik diubah jadi tampilan big scooter tak bisa dibilang gampang, apalagi seperti yang terjadi pada Yamaha Mio Soul 2008 milik Hendry Chopper dari Malang, Jawa Timur. Kendati modifikasinya tidak ekstrem, toh ada  tingkat kesulitan yang tinggi dalam pembuatan bodi.

Hendry merasa membuat Mio jadi big scooter sangat menantang. Pasalnya, selama ini dia hanya melihatnya dari majalah.

Seluruh bodi dibuat ulang dari bahan serat, sedangkan dimensi dan bentuk dirancang sendiri. Diakuinya, "Yang pasti tidak kelihatan kedodoran untuk mesin Mio."

Untuk membesarkan bodi, ia memundurkan roda belakang sampai 30 cm. Sebelum bodi dibuat, ia terlebih dahulu membuat cetakannya. Saat pembuatan, Hendry mengaku sudah menentukan detail apa saja yang harus menempel sehingga bodi langsung siap dipasang.

Detail yang dimaksud seperti lampu utama dan lampu stop. Karena bodi sudah melar, untuk bagian depan, ia mencomot lampu Honda Air Blade yang kebetulan dimiliki seorang teman yang membawanya dari Thailand. Adapun lampu belakang pakai punya Sanex Hussar yang kian mempertegas seperti tampilan skuter besar di Jepang dan Eropa.

Bicara rangka, bagian ini tidak banyak ubahan, kecuali bagian buntut yang kemudian dibuat lebih menungging. Sementara itu, peredam depan diadopsi dari merek Impac dan belakang dari Suzuki Satria FU 150.

"Saya puas karena enggak pakai limbah mahal untuk up-grade tampilan Mio ini," bilangnya. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com