Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bikin Mobil Listrik Ketiga

Kompas.com - 20/11/2009, 13:19 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Para Pabrikan mobil China lagi gencar menyiapkan mobil listrik. Setelah BYD Auto Company, kini menyusul  Beijing Automotive Industry Holding Co (BAIC) yang mengembangkan sendiri. Model yang diperkenalkan BE701 dan masih dalam proses pengembangan.

Proses produksi lagi dalam persiapan. BIAC sendiri sudah menyiapkan  dan investasi 2,28 miliar yuan atau sekitar US$344 juta. 

Dana investasi ini akan dipasok dari pemerintah setempat dan sumber lain. Untuk produksi, akan berada di bagian terluar kota Beijing dengan kapasitas produksi 50.000 unit kendaran konvensional dan 100.000 mobil hybrid seperti dikutip just-auto.

Mobil ramah lingkungan ini mampu melaju hingga jarak 200 kilometer dalam keadaan baterai terisi penuh. Kecepatan maksimum bisa digeber sampai 160 kilometer per jam. 

Terkait dengan ini, pabrikan mobil asal China lainnya seperti BYD Auto Company, juga tengah menyiapkan produk serupa untuk di ekspor ke Amerika Serikat. Rencana mereka tidak sekadar memasarkan produknya, tetapi juga mendirikan pabrik. Realisasinya pada 2011.

Selanjutnya, Cherry Automobile Co (CAC) sudah memastikan diri akan melepas mobil listrik model S18 ke pasar domestik pada Juni tahun depan. Satu hal yang menjadi kelebihan produk asal China adalah, harganya yang bisa sangat kompetitif dibandingkan produsen lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com