Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Menjadi Anggota Termuda AISI

Kompas.com - 29/09/2009, 09:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT TVS Motor Company Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor TVS dari India resmi menjadi anggota termuda Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Keputusan ini akan dikeluarkan AISI selaku organisasi dan segera berlaku efektif mulai November 2009.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan, saat ini proses keanggotaan TVS terus berlangsung. Pada dasarnya, AISI sangat terbuka untuk semua pabrikan agar bisa berpartisipasi. Salah satu tujuannya, untuk ikut menumbuhkan industri kendaraan bermotor nasional, dalam hal ini khususnya sepeda motor.

"Sekarang kita tengah menyiapkan surat untuk meninjau ke lapangan (pabrik) milik TVS dan mereka tinggal setuju saja. Kami harapkan, November sudah akan bisa bergabung," ujar Gunadi kepada Kompas.com, saat dikonfirmasi, Senin (28/9).

Beberapa syarat yang harus dipenuhi anggota AISI, antara lain, memiliki pusat produksi di dalam negeri, menciptakan lapangan kerja, memberi pemasukan untuk pemerintah dari pajak, dan ikut mengembangkan pasar motor domestik. Dengan bergabungnya TVS, maka merek berlogo kuda terbang berwarna merah ini akan menjadi satu-satunya pemain dari India di sekeliling raksasa Jepang yang selama ini menguasai pasar.

Sebelumnya, dua ATPM motor nasional menunjukkan kelemahan dalam berkecimpung di pasar domestik. Mereka adalah PT Kymco Lippo Motor Indonesia dan Piaggio. ATPM motor Kymco menghentikan kegiatan produksinya per November 2008. Adapun Piaggio, yang masih terdaftar sebagai anggota AISI, tak lagi punya pabrik di Indonesia. Mereka mengandalkan impor secara utuh atau completely built up (CBU) dari Italia.

Dengan begitu, terjadi perubahan susunan keanggotaan AISI, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Piaggio, Kanzen, dan TVS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com