Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Transaksi IIMS 2009 Berhasil Tembus Target

Kompas.com - 02/08/2009, 21:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai transaksi pameran otomotif terbesar di Indonesia, The 17th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 berhasil mencapai target yang ditentukan panitia penyelenggara senilai Rp 1,7 triliun. Selama 10 hari penyelenggaraan pameran, tercatat nilai transaksi di acara ini mencapai Rp 1,731 triliun atau sedikit di bawah tahun sebelumnya, yang tercatat Rp 1,799 triliun.

“Nilai ini adalah sebuah bukti masih bergeraknya industri otomotif nasional. Meski dilanda krisis, kondisi ini menambah optimisme kami bahwa industri otomotif Indonesia akan segera bangkit dari pengaruh krisis global,” papar Ketua Panitia IIMS 2009 Johnny Darmawan dalam penutupan IIMS, Minggu (2/8).

Namun, di sisi lain, target dari jumlah pengunjung yang dipatok panitia sebanyak 250.000 orang tak tercapai. Hingga pukul 19.00, hari terakhir penyelenggaraan pameran, jumlah pengunjung yang dicatat panitia hanya sebesar 237.687 orang.

Dalam pameran otomotif terbesar tahun ini, tercatat sebanyak 21 merek dari produk mobil, tujuh motor, dan 124 industri pendukung otomotif yang mengikuti kegiatan pameran.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Freddy Soetrisno menambahkan, dari total nilai transaksi yang tercatat, sekitar 65 persen dikontribusikan melalui penjualan mobil. Sementara itu, sisa 35 persen lainnya dikontribusikan dari penjualan motor dan produk pendukung otomotif.

“Dengan kondisi tembusnya Rp 1,7 triliun ini, maka kita optimistis, target penjualan mobil tahun ini 450.000 unit akan tercapai. Ini salah satu indikasi kuat bahwa industri otomotif kita tidak terlalu jatuh,” paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com