Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Otomotif

China Kalahkan AS sebagai Pasar Terbesar

Kompas.com - 11/02/2009, 01:07 WIB

Shanghai, Selasa - Penjualan bulanan mobil China telah melampaui penjualan mobil bulanan di AS untuk pertama kali pada Januari lalu. China semakin mendekati predikat sebagai pasar otomotif terbesar di dunia.

Demikian data yang dikeluarkan Pemerintah China di Shanghai, Kamis (9/2).

Pada Januari 2008, sebanyak 735.000 mobil dijual di China, turun 14,4 persen dari 860.000 pada Januari tahun lalu. Demikian data dari Asosiasi Manufaktur Mobil.

Sementara karena didera krisis, penjualan mobil AS terus menurun. Pada Januari lalu penjualan mobil di AS turun hingga 37 persen atau hanya mencapai 656.976 unit. Angka ini merupakan terendah dalam 26 tahun terakhir.

Incaran perusahaan

China telah mengungguli Jepang dalam penjualan mobil dengan menjadi penjual mobil nomor dua di dunia pada tahun 2006. Dengan jumlah kelas menengah yang terus bertambah dan menjadi pasar potensial, China sangat penting bagi produsen mobil seperti General Motors, Volkswagen, dan Toyota. Pasar mereka di AS terus menurun seiring terjadinya resesi di segala penjuru dunia.

Mike DiGiovanni, Direktur Eksekutif General Motors untuk pasar global memperkirakan penjualan mobil selama tahun 2009 di China akan mencapai 10,7 juta unit dan di AS hanya 9,57 juta unit.

Penjualan otomotif terbanyak di China adalah buatan General Motors, disusul Volkswagen AG. Penjualan otomotif buatan lokal, Cherry, juga naik dengan pesat. GM menjual mobil sebanyak 1,09 juta unit tahun lalu di China, naik 6 persen dari tahun 2007. Truk dan bis merupakan mobil yang paling banyak terjual di China.(AFP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com