Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barack Obama Dikawal Harley-Davidson Tiga Roda

Kompas.com - 20/01/2009, 09:53 WIB

Selasa (20/1) pagi waktu Amerika Serikat (Selasa malam WIB), seluruh mata di dunia akan tertuju ke Negeri Paman Sam. Saat itu berlangsung inagurasi Barack Obama sebagai presiden AS ke-44.

Yang menarik, motor pasukan pengawal yang membawa Sang Presiden dari US Capitol Building menuju Gedung Putih. Dari sekian banyak, ada yang jenis roda tiga dari Harley-Davidson (H-D), yakni Tri Glide Classic 2009. Rombongan kendaraan sepeda motor dipimpin oleh komandan US Park Police Motorcycle Unit Scott Fear dengan membentuk formasi klasik “V”.

Sepeda motor roda tiga ini memang menjadi ikon baru H-D dan termasuk keluarga touring pada pembagian tipe H-D. Kerangka ini memiliki keunggulan dalam mengatur tekanan dari beban berlebihan layaknya kendaraan roda tiga lainnya.

Mesin mengandalkan tipe Twin Cam 103 V-Twin dengan electronic fuel injection. Sistem transmisi sama dengan jenis touring lain yang menggunakan persneling 6 tingkat percepatan dilengkapi cruise riding. Jadi, pengendara dapat mengatur kecepatan konstan tanpa harus memutar grip gas.

Karena bentuknya tiga roda, maka posisi shock depan lebih panjang 1,7 inci dari H-D tipe standar. Kemudian, sudut rake juga berubah dari 29,25 derajat menjadi 32 derajat dan roda belakang memakai velg ukuran 5 x 15 inci.

Berbeda dengan H-D tiga roda untuk umum, yang digunakan polisi ini sudah mengalami sedikit modifikasi. Jok dirancang tunggal dan diberi sentuhan rona putih yang untuk komersil tidak ada. Harganya diperkirakan sekitar Rp 330 juta. (Nurfil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com