Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan CVT Bukan Sekadar Ganti Oli Transmisi

Kompas.com - 14/08/2024, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen mekanis pada mobil, seperti transmisi, harus mendapatkan pelumasan dengan baik. Untuk itu, penting sekali rutin mengganti oli transmisi. Tapi, ternyata tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan.

Pada sistem transmisi Continuous Variable Transmission (CVT), digunakan steel belt atau sabuk baja. Komponen ini yang menghubungkan puli satu dengan yang lainnya, sehingga sistem transmisi bisa bekerja secara normal.

Baca juga: Apakah Mobil Matik CVT Sulit Menanjak?

Meskipun terbuat dari baja, tapi jika tidak dilakukan perawatan, komponen ini juga bisa rusak. Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa sabuk baja CVT perlu diganti secara berkala.

Sabuk baja pada CVT rusakKompas.com/Erwin Setiawan Sabuk baja pada CVT rusak

Menurut Iwan, dari Iwan Motor Honda Auto Clinic, tergantung dari CVT mobil apa. Menurut pengalamannya, CVT mobil Honda relatif sering putus sabuk bajanya.

"Untuk itu, kita sarankan ganti sabuk bajanya setiap 80.000 km dan setiap 40.000 km diganti juga filternya," ujar Iwan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Transmisi CVT atau AT? Kenali Perbedaannya Sebelum Beli Mobil

Iwan menambahkan, semua merek mobil memang tidak memiliki panduan dari pabrik kapan seharusnya sabuk baja diganti. Tapi, agar sabuk baja tidak rusak dan merembet ke komponen transmisi lainnya, maka perlu dilakukan perawatan atau pergantian secara berkala.

Gearbox CVT pada mobil.kompas.com Gearbox CVT pada mobil.

"Sabuk bajanya saja murah, tapi kalau sama ongkos pasang dan oli transmisi, serta filternya, biayanya bisa sampai Rp 6 jutaan," kata Iwan.

Beda lagi dengan Daihatsu yang sebagian modelnya menggunakan sistem transmisi Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT). Disebutkan bahwa tidak ada pergantian sabuk baja secara berkala.

"Perawatan CVT di Daihatsu adalah mengganti oli transmisi secara berkala setiap 80.000 Km, tidak ada penggantian sabuk baja," ujar Tim Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau