Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Produksi Pabrik Baterai Gotion Tembus 48.000 Unit Per Tahun

Kompas.com - 19/06/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini beberapa merek mobil dan sepeda motor listrik yang dijual di Indonesia menggunakan baterai buatan Gotion High Tech.

Beberapa merek yang diketahui memakai baterai buatan Gotion di antaranya ialah Wuling, DFSK, Seres, Neta, Swap dan Volta.

Baca juga: Ada NMAX Turbo, Harga NMAX Bekas Dijual mulai Rp 17 Jutaan

Baterai tersebut sudah dirakit di pabrik Gotion di Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Bahan mentahnya didatangkan dari China kemudian dirakit dan didistribusikan kepada merek-merek tersebut.

Baterai kendaraan listrik lansiran GotionKompas.com/Daafa Alhaqqy Baterai kendaraan listrik lansiran Gotion

Public Relations Manager Gotion Indonesia Bastoni Hutabarat, mengatakan, saat ini pabrik baterai Gotion di Bogor bisa memproduksi sekitar 4.000 unit baterai per bulan atau dalam setahun sekitar 48.000 unit.

"Untuk kapasitas produksi bulanan battery pack mobil di pabrik kurang lebih 1.000 unit, sedangkan untuk motor listrik bisa 3.000-an unit," ujar Bastoni kepada Kompas.com, Rabu (19/6/2024).

Baca juga: Ini Tanda Busi Motor Matik Masih Layak Pakai

Bastoni mengatakan, semua model mobil listrik Wuling pakai Gotion yaotu Air EV, Binguo EV dan Cloud EV. Demikian pula DFSK yaitu Gelora E serta Seres yang merupakan merek subsidiari mobil listrik DFSK.

"Iya wuling semua pakai Gotion. (DFSK dan Seres) baterainya dari Gotion semua," ujarnya.

Volta 401KOMPAS.com/FATHAN Volta 401

Secara global, produk Gotion antara lain baterai LFP (Lithium Iron Phosphate), NCM (Nickel Cobalt Manganese), sel baterai, battery pack, sistem manajemen baterai (BMS), serta unit penyimpanan energi.

Baca juga: Tanda Busi Motor Matik Sudah Minta Diganti

Namun untuk pabrik di Bogor, kata Bastoni, khusus untuk baterai pihaknya baru membuat baterai jenis LFP sesuai pesanan.

"Kami pada dasarnya ada beberapa produk. Kami ada battery cell, battery pack, energy storage dan lain-lain," ujar Bastoni.

"Untuk klien biasanya kami menyediakan kustomisasi (sesuai pesanan). Contoh Wuling, dia mau baterai sel dijadikan battery pack dan dikirim ke mereka tinggal rakit ke mobil," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com