Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VinFast Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia

Kompas.com - 11/06/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif nasional Vietnam, VinFast, terus berupaya untuk menjangkau pasar dunia. Meski baru lima tahun beroperasi, namun VinFast telah menunjukkan sikap ekspansif yang dibuktikan dengan kehadirannya di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Selain karena laju ekspansinya yang cepat, VinFast juga dianggap sebagai “disruptor” dalam industri kendaraan listrik karena strategi penjualan yang begitu berkembang.

Salah satu model bisnis mobil listrik VinFast yang cukup untuk adalah dengan berlangganan baterai. Kebijakan berlangganan baterai VinFast yang memisahkan biaya baterai dari harga pembelian kendaraan, membuat kendaraan listrik lebih terjangkau bagi sejumlah konsumen.

Baca juga: Hyundai Creta Facelift Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Strategi inovatif ini tentu berpotensi menggerakkan pertumbuhan bagi produsen asal Vietnam tersebut.

VinFast masuk dalam daftar "Most Influential Companies" versi TIME100. Penghargaan ini membuat VinFast setara dengan perusahaan bergengsi seperti Google, Microsoft, Amazon, dan TikTok, dan perusahaan otomotif terkemuka seperti BMW dan Toyota. 

Sederet mobil listrik hasil produksi pabrik Vinfast di Vietnam.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sederet mobil listrik hasil produksi pabrik Vinfast di Vietnam.

Pakar ekonomi Vietnam Pham Chi Lan mengatakan, saat TIME mengunjungi pabrik kendaraan listrik VinFast di Vietnam bagian utara pada 2022, Google Maps masih menampilkan separuh lokasi tersebut berada di bawah Laut China Selatan.

Namun, setelah reklamasi, lahan tersebut telah siap beroperasi hanya dalam waktu 21 bulan saja.

Selain itu, dalam waktu lima tahun sejak peresmian resmi pabrik mobil listrik di Hai Phong, VinFast secara bertahap telah menaklukkan pasar global setelah beralih ke mobil listrik murni.

"Didukung oleh orang terkaya Vietnam, Pham Nhat Vuong yang kekayaannya berawal dari berjualan mie Instan hingga mampu melahirkan kekaisaran VinGroup yang memiliki bisnis mulai dari hotel, hingga rumah sakit, VinFast membuka pabrik di North Carolina, Indonesia, dan India," kata Time.

Baca juga: Ini 6 Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan 2024

Meskipun menghadapi tantangan yang dihadapi secara umum, VinFast tetap berkomitmen penuh dalam pertumbuhannya. Perusahaan telah menetapkan target yang kuat untuk mengirimkan 100.000 kendaraan pada tahun 2024, tiga kali lipat dari penjualan saat ini.

Tujuan ambisius ini didukung oleh rencana untuk memperluas ekspansinya secara global dengan menargetkan pasar dari Amerika Serikat (AS) dan Kanada, hingga yang lebih dekat dengan Vietnam seperti Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com