Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Tahun Ini

Kompas.com - 31/05/2024, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) akan mengubah 2.000 tiang listrik yang tersebar di Indonesia menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik pada tahun ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, langkah ini merupakan inovasi pihaknya dalam rangka percepatan ekosistem kendaraan listrik. Maka, pengguna mobil listrik semakin mudah dalam mengakses pengisian daya.

"Kami sudah membangun strategi untuk mengubah tiang listrik kami menjadi SPKLU, sehingga dengan catatan biayanya juga lebih murah," kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara daring, Kamis (30/5/2024).

Baca juga: Indomobil Berencana Jual Mobil Hybrid Asal China

Ilustrasi tiang listrik.SHUTTERSTOCK/RIC JACYNO Ilustrasi tiang listrik.

Darmawan melihat potensi jutaan tiang listrik PT PLN (Persero) yang dapat langsung digunakan untuk memfasilitasi pembangunan SPKLU secara cepat dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, kehadiran tiang-tiang listrik PLN yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga memudahkan PLN untuk memilih lokasi yang strategis.

Misalnya, lanjut dia, di tempat-tempat umum yang menjadi tempat kendaraan listrik parkir atau di sekitar apartemen dengan konsentrasi kendaraan listrik yang banyak.

Pada bahan paparan Darmawan, tempat cas mobil listrik dari tiang itu berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan juga Jakarta Utara, Tangerang hingga Bekasi.

"Ini sebagai contoh sebaran SPKLU yang berbasis pada tiang listrik di Jakarta dan ini sudah kami overlay dengan analisis traffic di masing-masing lokasi dan lokasi strategis dari tiang-tiang tersebut," jelasnya.

Baca juga: Bos Aprilia Siap Tampung Marc Marquez

Contoh penyediaan SPKLU EV Charger dari brand Atess.Dok. UJB Contoh penyediaan SPKLU EV Charger dari brand Atess.

SPKLU berbasis tiang listrik juga akan merambah dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

Saat ini, PT PLN melalui PLN Enjiniring telah merilis tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan beroperasi.

Tiga unit prototipe itu tersebar di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat sebanyak dua unit, dan satu unit lainnya berada di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com