Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Bagnaia-Marquez Dianggap Normal, Tanpa Sanksi

Kompas.com - 25/03/2024, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia dan Marc Marquez mengalami insiden tabrakan yang membuat keduanya tersungkur saat balapan utama MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao. Keduanya saling berebut untuk mendapatkan posisi kelima.

Awalnya, posisi Bagnaia berada di depan Marquez. Hingga pada tiga lap terakhir, Marquez mencoba menyalip Bagnaia di tikungan 5.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2024, Martin Juara, Marquez dan Bagnaia Tabrakan

Pada tikungan yang cukup ketat tersebut, Marquez menyalip Bagnaia, lalu sedikit melebar. Bagnaia kembali masuk ke dalam tikungan dan pada saat yang bersamaan Marquez mencoba menutup jalur Bagnaia.

Insiden antara Francesco Bagnaia dan Marc Marquez pada MotoGP Portugal 2024Dok. MotoGP Insiden antara Francesco Bagnaia dan Marc Marquez pada MotoGP Portugal 2024

Pada saat itulah keduanya bersenggolan dan terjatuh bersama. Keduanya sempat bangkit kembali. Tapi, sudah terlambat, karena balapan tinggal tersisa tiga lap dan keduanya sama-sama tidak mendapatkan poin. Bagnaia kembali ke pit dan Marquez melanjutkan balapan hingga finis ke-16.

"FIM MotoGP Stewards telah mengonfirmasi bahwa kecelakaan yang terjadi antara Marc Marquez dan Francesco Bagnaia merupakan sebuah insiden balap. Oleh karena itu, tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil," tulis keterangan resmi dari FIM MotoGP Stewards, tidak lama setelah balapan berakhir.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Portugal 2024, Martin Teratas, Bagnaia Keluar 3 Besar

Jika ditanya, siapa yang salah, masing-masing pebalap pasti merasa dirinya sudah membalap dengan benar. Maka itu, akhirnya diputuskan sebagai insiden balap.

Namun, konsekuensi dari insiden ini adalah poin untuk klasemen sementara. Bagnaia harus rela posisinya di puncak klasemen sementara tergeser ke peringkat keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com