Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Honda Stylo 160 ABS, Mumpuni Baik Sendiri dan Boncengan

Kompas.com - 05/03/2024, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes Honda Stylo 160 ABS terbaru untuk beberapa hari. Setelah penguji coba sebentar di area tes AHM, sekarang bisa dicoba untuk pemakaian sehari-hari.

Pertama soal ergonomi duduk, untuk tubuh penguji yang tingginya 178 cm, posisi yang rileks sangat mudah didapat. Kaki menyiku sekitar 90 derajat, tangan juga tidak tegang, jadi posisinya nyaman dan mudah buat mengendalikan motor.

Stylo 160 ABS ini juga dicoba oleh host Kompas Otomotif, perempuan yang tinggi badannya 165 cm. Ketika berhenti, kedua kaki bisa menapak sempurna kalau duduknya agak maju, jadi bukan masalah buat orang Indonesia yang rata-rata 155 cm-165 cm.

Baca juga: Skutik New Honda Stylo 160 Resmi Diperkenalkan di Jawa Barat

Honda Stylo 160Kompas.com/Adityo Honda Stylo 160

Kemudian, motor dengan mesin 156,9cc ini penguji bawa juga di tengah kemacetan perkotaan sampai antar kota. Buat dipakai meliuk-liuk, tenaga 15,1 TK dan torsi 13,8 Nm ini disalurkan dengan sangat halus.

Maksudnya adalah, bukaan gas tidak usah besar-besar buat mendapatkan kecepatan. Selain itu juga tenaganya tidak bikin pengendara kaget, masih bisa diatur pakai tangan kanan.

Lalu kalau dibawa antar kota, mesin eSP+ itu sangat mumpuni. Pengetes bawa Stylo 160 ini berkendara dari Jakarta ke Bogor PP, di jalanan yang kosong, tenaganya sangat mumpuni, seperti tidak ada habisnya, bisa digas terus.

Baca juga: Kopdar di Medan, Komunitas AXIC Tunggu Kehadiran Avanza Hybrid


Tenaga dan torsi ini pun tetap mumpuni saat dibawa boncengan. Respon gas masih baik, handling juga tidak terlalu terganggu, bahkan membuat bantingan suspensi belakang dari Stylo 160 lebih nyaman.

Menurut pengetes, Stylo 160 saat dibawa sendiri punya bantingan suspensi belakang yang keras. Mungkin biar bisa mengatasi tenaga yang besar, sehingga handling motor ini baik, selama jalanan mulus, tidak bergelombang.

Bicara soal pengereman, Stylo 160 yang diuji sudah dilengkapi ABS dan cakram belakang. Rasanya pengereman motor ini empuk, handel ditarik tidak bikin kaget pengendara karena terlalu pakem tapi bisa dirasakan, jadi presisi pengeremannya.

Bisa dibilang, Stylo 160 menawarkan performa yang baik buat dipakai sendiri maupun boncengan. Ketika dibawa meliuk-liuk motor ini nurut, performa pengeremannya juga bikin pengendara percaya diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com