Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Siapkan Kurikulum Pelatihan Berkendara Motor Listrik

Kompas.com - 29/02/2024, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren sepeda motor listrik sedang mewabah di Indonesia, hal ini terlihat dari semakin banyaknya merek yang meluncurkan produk barunya. Tak ketinggalan PT Astra Honda Motor (AHM), yang resmi memasarkan Honda EM1 e: sejak tahun lalu.

Bertumbuhnya penjualan motor listrik rupanya harus dibarengi dengan tata cara dan kebiasaan para konsumen roda dua dalam menghadapi perubahan zaman.

“Kami ingin hadir di Indonesia ini tidak setengah-setengah, karenanya kami hadirkan motornya, pelayanana jual dan purnajualnya, kami juga ingin mendampingi para penggemar sepeda motor dengan training safety riding-nya,” ujar General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin di Jakarta (28/2/2024).

Baca juga: Belajar dari Peristiwa Xenia RWD Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob

AHM Siapkan pelatihan safety riding khusus motor listrikKOMPAS.com/DIO DANANJAYA AHM Siapkan pelatihan safety riding khusus motor listrik

Muhib mengatkan, menyediakan pelatihan safety riding menjadi bagian dari rencana AHM dalam menghadirkan motor listrik dalam paket yang lebih komplit ke masyarakat.

“Mau enggak mau AHM harus memikirkan ini, kenapa? Karena memang motor listrik berbeda dengan motor-motor ICE, sehingga diperlukan keterampilan khusus, kemengertian khusus dari produk motor listrik itu,” ucap Muhib.

Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding AHM, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kurikulum terkait pelatihan safety riding buat motor listrik.

Baca juga: PO Semeru Ramaikan Bisnis Bus AKAP, Punya Kelas Sleeper

“Jadi safety riding kurikulumnya sudah ada dari 2007, jadi kami mendapatkan kurikulum dari Jepang. Kemudian kami sesuaikan kembali dengan kultur di Indonesia, sehingga kami sudah punya kurikulumnya, pelatihannya untuk berkendara motor bensin,” kata Hendrik.

“Kemudian untuk motor listrik berarti per tahun ini kurikulumnya. Jadi pelatihan safety riding yang kami lakukan berbasis kurikulum,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com