Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Kendaraan Amfibi Raksasa ke IIMS 2024, Butuh 400 Liter Solar

Kompas.com - 20/02/2024, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Kendaraan raksasa milik TNI Angkatan Darat (AD) mencuri perhatian para pengunjung di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. 

Terletak di area outdoor hall A JIExpo Kemayoran, Jakarta, kendaraan dengan nama Amphibious M3I itu punya visual yang mencolok lantaran berbeda dari kendaraan lainnya.

Saking spesialnya, Dyandra Promosindo sebagai pihak penyelanggara IIMS 2024 menyebut kendaraan ini sebagai 'Special Guest Car'.  Amphibious M3I punya fungsi bisa mengapung di air dan berjalan di daratan. Maka dari itu, ini merupakan jenis kendaraan amfibi.

Sersan Kepala Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 9 Kostrad, Afrianus Susanto Oi mengatakan, dengan ukuran raksasa dan tampilan yang tidak biasa, ada beragam kisah unik yang harus dilalui agar bisa tiba dengan selama ke Jakarta menuju lokasi pameran IIMS 2024. 

"Kendaraan ini merupakan buatan Jerman yang saat ini merupakan salah satu aset milik Yonzipur 9 Kostrad Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat. Dari Bandung menuju ke sini kita melintasi jalan darat seperti kendaraan pada umumnya. Kita juga melewati jalan tol," kata Afrianus kepada Kompas.com di IIMS 2024, Sabtu (20/2/2024). 

Baca juga: Alasan Mobil VinFast Belum Bisa Dites pada IIMS 2024

M3I Amphibious di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI M3I Amphibious di IIMS 2024

Baca juga: Daftar Harga Motor di Bawah Rp 40 Juta di IIMS 2024

Afrianus menjelaskan, spesifikasi kendaraan ini punya berat 28 ton dengan panjang 13,03 m dan lebar 3,35m saat bagian sisisnya tertutup. Namun, ketika bagian sisinya terbuka, lebar kendaraan menjadi 6,57 m. 

Pada saat melintasi jalan tol, bagian atap harus dalam keadaan tertutup agar bisa muat melintasi setiap gerbang tol yang akan dilalui. 

"Kita tetap melewati gerbang tol seperti kendaraan umumnya. Namun, kita pakai pintu keluar masuk tol yang biasa  dipakai jenis kendaraan besar seperti tronton. Gerbang tol untuk golongan kendaraan besar itu punya ukuran yang lebar dan cocok untuk dilewati oleh Amphibious M3I, " kata Afrianus. 

Agar persiapan lebih matang, sebelum benar-benar masuk ke area pameran, kendaraan tersebut lebih dahulu mengisi bahan bakar secara penuh. Adapun kapasitas bahan bakar, kendaraan punya kapasitas 400 liter solar menggunakan jenis Dexlite. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com