Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2024 Jadi Momentum Kemajuan Industri Otomotif Indonesia

Kompas.com - 15/02/2024, 09:50 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, resmi dibuka. Pameran digelar pada 15-25 Februari 2024 dan dibuka sehari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden.

CEO Kompas Gramedia Liliek Oetama, mengatakan, IIMS 2024 merupakan ajang yang tak cuma memamerkan teknologi dan inovasi dunia otomotif tapi refleksi kemajuan otomotif Indonesia.

"Hari ini kita berkumpul dalam momentum yang istimewa dalam pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024," kata Liliek di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Buka IIMS 2024

"Pameran otomotif tahunan ini tidak hanya berkesempatan untuk memamerkan teknologi innovasi terbaru dalam industri otomotif tapi juga momentum untuk merenungkan kemajuan yang telah kita capai sebagai bangsa," ucapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka IIMS 2024

Gelaran IIMS tahun ini diramaikan sejumlah merek otomotif asal Jepang, Korea Selatan, China, sampai Vietnam, dan Eropa.

Untuk roda empat misal, terdapat Toyota, Hyundai, Honda, Suzuki, Mitsubishi, BYD, sampai merek baru yaitu VinFast.

Sementara pada sepeda motor, ada AHM, Peugeot, Royal Enfield, Yamaha, Utomo Corp, Alpha, Polytron, hingga merek premium BMW Motorrad.

Baca juga: Chery Hadir di IIMS 2024, Bisa Jajal Mobil Listrik Omoda E5

Meski digelar mepet setelah Pemilu 2024, IIMS 2024 diharapkan bakal menarik lebih dari 470.000 pengunjung selama 11 hari pameran, dengan target transaksi mencapai Rp 5,3 triliun.

Target tersebut dianggap realistis sebab IIMS 2024 menampilkan berbagai model serta merek baru yang hadir di Indonesia, salah satunya BYD dan VinFast, produsen mobil listrik asal China dan Vietnam.

"Indonesia sebagai salah satu pasar otomotif yang potensial terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan," ujar Liliek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com