Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain BYD Seal, Mewah tapi Terasa Sporty

Kompas.com - 12/02/2024, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD Seal merupakan salah satu model yang dipasarkan oleh pabrikan di pasar dalam negeri selain Atto3 dan Dolphin. Bergaya sedan sport, mobil menjadi model flagship dari PT BYD Motor Indonesia.

Sebagai pendatang baru, berbagai aspek menarik disematkan di mobil ini untuk menghadang laju rival seperti Hyundai Ioniq 6. Salah satu bagiannya ialah tampang kendaraan yang modern tapi juga sporty.

Hal tersebut dapat terlihat secara instan ketika melihat tampang mobil, di mana wajah yang tertutup grill seperti mobil listrik pada umumnya memiliki "mata" tajam dengan lampu sein berada terpisah di bawahnya.

Baca juga: Cari Mobil Matik Baru di Bawah Rp 250 Juta, Cek Pilihannya

BYD SealKOMPAS.com/Ruly Kurniawan BYD Seal

Tidak sampai di sana, mobil juga memiliki body kit depan berdesain seperti front splitter, menguatkan kesan sporty. Bagian ini juga turut disematkan untuk bagian belakang.

Proporsi bodi yang terlihat mengalir dari depan sampai belakang juga turut memberi kesan tersendiri. Apalagi bagian kap mesin dibuat lebih berotot dengan adanya lekukan-lekukan di bagian tengah dan pinggirnya.

Pada bagian samping, tidak banyak lekukan yang diberikan. Meski begitu, nuansa sporty tetap dihadirkan dengan bumper cukup dengan dengan kaki-kaki berukuran 19 inci dipadukan ban 235/45 (varian tertinggi).

Menengok ke atapnya, terdapat balutan kaca tebal yang sangat besar, membentang dari ujung bagian depan sampai belakang, memberikan efek panoramic.

Baca juga: Begini Syarat dan Cara Mutasi Kendaraan di Samsat

Tes perdana jajal mobil listrik BYD Seal di Sirkuit Sentul, Bogor.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Tes perdana jajal mobil listrik BYD Seal di Sirkuit Sentul, Bogor.

Dengan penyematan material terkait, membuat Seal tampak seperti Tesla, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS) yang memang jadi kompetitor terkuatnya di global.

Bagian buritannya, terdapat spoiler kecil tanpa wiper, khas sedan modern asal Eropa.

Lalu lampu rem dengan desain garis menyambung dari kiri ke kanan juga mengisi bagian tersebut di samping logo BYD Seal dan penggerak roda.

Dengan dimensi lebih kecil dari Ioniq 6, yaitu panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.460 mm serta jarak sumbu roda 2.920 mm, mobil ini agaknya akan menjadi rival kuat ketika mobil resmi dijual di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com