Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Bus Tingkat Transjakarta

Kompas.com - 12/12/2023, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian warga Jakarta mungkin sudah banyak yang mengetahui Bus Wisata Transjakarta. Namun, tak sedikit juga yang tahu tentang kehadiran Bus fasilitas milik Pemprov DKI Jakarta yang dikelola oleh PT Transjakarta sejak 2014 lalu ini.

Bila sebelumnya layanan ini hanya beroperasi Selasa - Minggu saja. Kini, bus tingkat milik Transjakarta beroperasi setiap hari pukul 10.00- 17.00 WIB.

Ada empat rute perjalanan gratis dengan bus ini, salah satunya rute bernama pencakar langit yang tim Kompas.com jajal.

Titik keberangkatan bus ini adalah dari halte IRTI yang melintasi Sarinah 1, Wisma Nusantara, Bumiputera, Karet Sudirman 1, Bendungan Hilir 1, GBK 1, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman, GBK 2, Benhil 2, Karet Sudirman 2, Sudirman Astra, Dukuh Atas 2, Tosari 2, Grand Hyatt, Sarinah 2, Musem Nasional, Monas 2, Monas 3 dan Kembali lagi ke IRTI.

Baca juga: Daftar Harga Pikap Ringan untuk Usaha, dari Carry sampai Esemka Bima

Secara spesifikasi, bus menggunakan balutan bodi Highlander buatan karoseri New Armada yang ditopang oleh sasis Mercedes Benz.

bus tingkat TransjakartaKompas.com/janlika bus tingkat Transjakarta

Sebelum naik bus, penumpang hanya perlu menempelkan kartu uang elektronik pada mesin tab di dekat pintu masuk bus tanpa dipotong saldo.

Pada bagian kabin, bus ini cukup nyaman selayaknya bus kota pada umumnya yang menggunakan model low dek.

Desain lantai bus yang seperti ini dapat memudahkan penumpang yang menggunakan kursi roda.

Sementara bila naik ke dek atas, akan terasa bila sedang berada di dalam bus tingkat. Dari sini penumpang bisa duduk dengan nyaman melihat pemandangan.

Untuk kapasitas tempat duduk di dek bawah ada 16 kursi, sementara pada dek atas ada 59 kursi.

bus tingkat TransjakartaKompas.com/janlika bus tingkat Transjakarta
Kami menjajal kursi paling atas bus, tepatnya di area paling depan. Setiap kursi punya jarak proporsional, sehingga tidak saling berdesakan dan nyaman bagi penumpang yang membawa anak-anak.

Bus ini juga melaju dengan kecepatan yang stabil, sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman tanpa takut sopir bus ngebut.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Yadea Tembus Rp 8 Juta Desember 2023

Agar lebih aman, bus juga dilengkapi fitur CCTV di bagian atap depan dan belakang, serta running text LED di bagian interior dan eksterior, TV 22 inci, dan tempat duduk khusus untuk difabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com