Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Molen Tabrak Motor di Depok, Ingat Pentingnya Jaga Jarak dengan Kendaraan Besar

Kompas.com - 09/12/2023, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan yang melibatkan truk molen menabrak sejumlah sepeda motor di Jalan Kresek, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).

Kecelakaan bermula lantaran truk yang mengarah dari Tanah Baru Beji tidak kuat menanjak saat tiba di Jalan Kresek Limo. Insiden ini pun sempat viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @depok24jam.

“Di Jalan Kresek Limo ada jalanan menanjak, mobil molen tidak kuat menanjak ke atas jalan sehingga truk molen mundur, menabrak kendaraan roda dua yang ada di belakang molen,” ucap Kepala Urusan (Kaur) Humas Polres Metro Depok Iptu Made Budi, dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Mengapa Cairan Radiator Mobil Warna-warni?

Akibat kejadian tersebut, pengendara sepeda motor berinisial SS (56) mengalami luka ringan dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Hermina Depok.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Depok Hari Ini (@depokhariini)

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengingatkan, pengguna jalan untuk tidak terlalu lama berada di depan maupun di belakang kendaraan besar seperti truk atau bus.

“Jika penting atau dalam kondisi aman tentunya diperbolehkan mendahului kendaraan itu jika kita sedang di belakang. Atau paling tidak, jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar,” ucap Jusri.

Baca juga: Cari Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta, Cek Pilihannya di Akhir Tahun

Menurut Jusri, kendaraan besar seperti itu rawan mengalami masalah, seperti gagal menanjak, apabila tidak kuat akan turun lagi atau bahkan rem blong.

Selain itu, pengemudi kendaraan besar seperti truk dan bus juga punya masalah dengan blind spot. Terkadang pengemudinya tidak dapat melihat dan sadar jika ada kendaraan lain di sekitar.

“Jadi usahakan jangan terlalu lama berada di dekat-dekat kendaraan besar,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com