Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Upayakan Omoda E5 Dapat Insentif Kendaraan Listrik

Kompas.com - 06/12/2023, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Harry Kamora memastikan bahwa Omoda E5 akan mengejar pemenuhan lokal konten alias Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen tahun depan.

Hal tersebut supaya produk mobil listrik pertama Chery di Tanah Air itu memiliki daya saing lebih tinggi karena mendapatkan insentif pemerintah melalui diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

"Prinsipal kami sangat komunikatif, sangat mau mendengar kami termasuk soal kebijakan-kebijakan yang ada di sini. Benar, dengan bisa memenuhi TKDN 40 persen, akan mendapatkan insentif," kata dia di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Penjualan Tesla Masih Anjlok di China walau Sudah Diskon

Chery Omoda E5 yang resmi diproduksi di IndonesiaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Omoda E5 yang resmi diproduksi di Indonesia

"Tapi kami mendorongnya jangan 40 persen, lebih dari itu sehingga pemerintah melirik Chery. Dan mereka (prinsipal) setuju," lanjut Harry.

Seiring dengan upaya tersebut, pihak Chery mulai sibuk mencari atau membawa pemasok lokal guna mendukung aktivitas produksi Omoda E5.

Kendati tidak dijelaskan secara rinci, beberapa komponen yang siap dilokalisasi sementara bersifat non-electric vehicle alias selain motor listrik dan baterai. Tapi dalam jangka panjang, perseroan akan merakit sendiri komponen tersebut.

"Sekarang ini mereka sedang berkerja sangat keras, komponen apa saja yang bisa dibuat di sini karena kan ada QC (Quality Control) yang harus dijaga. Tapi kita harus kejar ke sana," ucap Harry.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Sulawesi Selatan Berlaku sampai 29 Desember 2023

Peresmian produksi Chery Omoda E5 di IndonesiaKOMPAS.com/Fathan Peresmian produksi Chery Omoda E5 di Indonesia

Upaya mengejar TKDN 40 persen ini juga tidak lepas dari ketatnya persaingan mobil listrik baru pada tahun depan. Hingga sekarang, sedikitnya akan ada dua merek yang siap melakoni debutnya di RI, yaitu BYD dan VinFast.

Walaupun masih malu-malu untuk mengungkapkan produk yang diluncurkan, besar kemunginan kedua produsen ini akan hadir pada gelaran IIMS 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com