Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ayla Lawas Tampil Elegan, Biaya Modifikasi Tembus Rp 400 Juta

Kompas.com - 02/12/2023, 15:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pemilik kendaraan roda empat. Ubahan yang dilakukan pada kendaraan pun beragam, mulai dari yang ringan seperti menambahkan aksesori untuk mempercantik tampilan, memasang audio, hingga yang ekstrem seperti upgrade mesin.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Primanda Syahriyal yang melakukan ubahan pada Daihatsu Ayla 1.0 lansiran 2015.

Primanda mengaku ingin tampilan Ayla miliknya berbeda dengan yang lain. Untuk itu ia melakukan ubahan pada seluruh sektor baik eksterior, interior, hingga jantung pacu, agar tampilannya menjadi lebih elegan dan modern.

Baca juga: Cek Daftar Harga Aki Motor per Desember 2023

“Saya cuma ingin menciptakan modifikasi Ayla berbeda dengan yang lain. Untuk modifikasinya semua sektor, eskterior, interior. Prosesnya bertahap, setiap tahun berusaha upgrade ke seluruh sektor, kurang lebih butuh waktu dua tahun,” ucap Primanda, saat ditemui di Jakarta Utara, Sabtu (2/11/2023).

Pada bagian eksterior, Primanda melakukan facelift di bagian fascia dengan mengganti wajah asli menjadi New Ayla 1.2 2020. Alhasil tampilan mobil ini terlihat lebih segar dan modern.

Modifikasi Daihatsu AylaKompas.com/Nanda Modifikasi Daihatsu Ayla

Mengusung konsep elegan, Primanda menyematkan bodykit custom, yang meliputi splitter, roar spoiler hingga custom headlamp. Tampilannya semakin menarik berkat cat Chameleon yang dilengkapi dengan custom moonroof pada bagian atap.

Pada bagian kaki-kaki, Primanda menyematkan pelek Akasia ring 18 dengan lebar 10 (depan) 11 (belakang), yang dibalut ban Accelera profil 245/35/18 (depan) dan 255/35/18 (belakang).

Primanda turut menyematkan airsuspension empat channel ditambah management magic air Big Brake Kit (BBK) Brembo enam pot 350 mm (depan) dan BBK Brembo empat pot 350 mm (belakang).

Beralih ke bagian interior, Primanda menyematkan jok electric BMW Series yang sudah di retrim vision Nappa. Bagian lantai juga sudah di custom acrylic lengkap dengan LED custom pada doortrim. Menariknya, pada baris kedua terdapat mini bar yang membuat kesan elegan dari mobil ini semakin kental.

Modifikasi Daihatsu AylaKompas.com/Nanda Modifikasi Daihatsu Ayla

Sektor hiburan juga tidak luput dari ubahan, Primanda menyematkan 12 monitor lima inci dan dua monitor sembilan inci, yang dipadukan dengan three way Venom, two subwoofer visonik 10 inci, power 4 channel dan power monoblok dari Venom, hingga custom box dan turntable DJ Numark.

Menyoal jantung pacu, Primanda masih menggunakan bawaan dari Daihatsu Ayla 1.000 cc, hanya saja sudah ditambahkan dengan turbocharger CT16 dan custom piping.

“Dari mesin kita pakai turbo CT 1.000 cc, semua custom tapi kita porting polish segala macam. Tenaga naik jadi 114 tk, awalnya 78 tk,” kata Primanda.

Adapun untuk memodifikasi mobil ini membutuhkan waktu dua tahun dengan total biaya Rp 400 juta.

Modifikasi Daihatsu AylaKompas.com/Nanda Modifikasi Daihatsu Ayla

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Beli Motor Listrik Pabrikan atau Konversi?

Berikut spesifikasi lengkap modifikasi Daihatsu Ayla milik Primanda:

EXTERIOR:
FACELIFT NEW AYLA 1.2 ( FRONT,REAR BUMPER, HEADLAMP, REARLAMP FENDER, SIDE SKIRT, GRILL) BODY KIT CUSTOM SPLITTER CUSTOM REAR SPOILER CUSTOM HEADLAMP CUSTOM MOONROOF REPAINT CHAMELEON
2 MOTORIZED ( FRONT HOOD, TRUNK)

INTERIOR:
FRONT ELECTRIC SEAT BMW SERIES
FULL RETRIM VISION NAPPA (BY AGYSTAGARAGE )
CUSTOM FLOOR WITH ACRYLIC + LED CUSTOM DOOR TRIM ACRYLIC + LED
CUSTOM ROOF ACRYLIC + LED FRONT, REAR CUSTOM MINIBAR STEERING WHEEL AYLA 1.2
WOOD PANEL

AUDIO :
HEADUNIT DOUBLE DIN PIONEER
3 WAY VENOM
2 SUBWOOFER VISONIK 10 INCH
POWER 4 CHANNEL VENOM
POWER MONOBLOCK VENOM
CAPASITOR BANK VENOM
COAXIAL PIONEER
12 MONITOR 5" ,2 MONITOR 9"
CUSTOM BOX
TURNTABLE DJ NUMARK

UNDERCARRIAGE:
VELG AKASIA (BY ORDER) RING18" WITH 10 (FRONT) 11 (REAR)
AIR SUSPENSION 4 CHANNEL + MANAGEMENT MAGIC AIR BBK BREMBO 6 POT 350MM (FRONT) BBK BREMBO 4 POT 350MM (REAR) ACCELERA TYRE 245/35/18 (FRONT) ACCELERA TYRE 255/35/18 ( REAR)

ENGINE:
TURBOCHARGER CT16 + CUSTOM PIPING
INTERCOOLER APEXI
EXTERNAL WASTEGATE TURBOSMART
BLOWOFF HKS
OPEN FILTER HKS
DASTEK UNICHIP X + TURBO MODULE

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com