Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Performa dan Konsumsi BBM Hyundai Stargazer X untuk Harian

Kompas.com - 01/12/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X memiliki desain eksterior yang futuristik dengan interior yang modern dan elegan. Fitur yang disematkan juga tidak kalah dengan rival sekelasnya.

Lalu, bagaimana dengan performa dan konsumsi BBM mobil ini ketika dipakai untuk berkendara harian? Redaksi Kompas.com sudah mengujinya menggunakan Stargazer X tipe Prime dengan captain seat.

Baca juga: Merasakan Sensasi Berkendara Harian dengan Hyundai Stargazer X

Untuk urusan dapur pacu, Hyundai membekalinya dengan mesin Smartstream 1.5 L, MPI, 4-silinder segaris. Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi IVT.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 113 Tk pada putaran mesin 6.300 rpm. Sedangkan torsinya, mencapai 144 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Tenaga dan torsi sebesar itu dirasa cukup untuk berkendara harian di perkotaan. Bila kapasitas mobil diisi hingga penuh pun, Stargazer X tidak akan kehabisan tenaga.

Baca juga: Ulas Fitur Unggulan Hyundai Stargazer X buat Berkendara Harian

Crossover andalan Hyundai ini juga dilengkapi dengan mode berkendara. Terdapat tiga mode, yakni Eco, Normal, dan Sport. Sehingga, pengendara bisa memilih mode yang diinginkan sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Test drive Hyundai Stargazer XKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Stargazer X

Untuk konsumsi BBM, Pada layar instrumen, konsumsi BBM Stargazer X tercatat mencapai 11,7 kilometer per liter. Pengujian dilakukan dengan berkendara di perkotaan hingga menempuh jarak 60 Km. Bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax dengan RON 92.

Mobil juga hanya diisi oleh satu orang dengan bobot 62 Kg. Pengetesan dilakukan dari BSD menuju Depok, saat jam pulang kantor. Sehingga, kondisi lalu lintas yang harus dilewati cukup macet. Tapi, tidak sepenuhnya, ada juga kondisi lalu lintas yang lengang.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Selama pengetesan, mode berkendara yang digunakan adalah Eco. Teknik berkendaranya juga normal, tidak menggunakan teknik eco driving.

Saat ini, Hyundai Stargazer X dipasarkan dengan harga mulai Rp 325,6 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Style dan Rp 336,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Prime.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com