Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Rakit Omoda 5 EV di Indonesia Mulai Desember 2023

Kompas.com - 30/11/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek asal China, Chery, mengumumkan akan mulai produksi perakitan Chery Omoda 5 EV di pabrik completely knocked down (CKD) Chery di Indonesia pada bulan Desember 2023.

Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, mengatakan, Chery siap meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia dan segera memperkenalkan produk kendaraan listriknya.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 70 Classic Modelista Siap Bertualang

Chery Omoda 5 EV melakukan debut di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Tak hanya sekadar dipamerkan, tapi langsung buka keran pemesanan.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia Qu Jizong.Foto: Chery Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia Qu Jizong.

Kesiapan produksi itu disampaikan Qu Jizong, kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Menteri Ali Murtopo, dan Staf Ahli Menteri Putu Suryawan pada 27 November lalu.

“Kesiapan produksi perdana Chery Omoda 5 EV ini kami sampaikan secara langsung kepada pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,”ujar Qu Jizong dalam keterangan resmi, Kamis (30/11/2023).

Dengan kesiapan produksi ini, artinya Chery Sales Indonesia juga sudah siap untuk memenuhi jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah.

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Adityo Mobil listrik Chery Omoda 5 EV atau Omoda EV akan dipamerkan di GIIAS 2023

Untuk itu, kata Qu Jizong, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa mitra lokal yang berkompeten untuk memproduksi berbagai macam komponen kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Bus Baru PO KYM Trans, Pakai Bodi Avante H8 Facelift

Kemitraan ini juga merupakan cara Chery untuk mendukung perekonomian dalam negeri pada sektor otomotif.

“Kami percaya bahwa dengan berinvestasi pada teknologi kendaraan listrik dengan lokalisasi komponen, Chery dapat berkontribusi dalam membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia,” kata Qu Jizong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com