Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKM Otomotif Sudah Mulai Persiapan Menuju Era Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/11/2023, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan, saat ini industri kecil dan menengah (IKM) sudah mulai persiapan menyambut era elektrifikasi kendaraan.

Dalam konferensi Business Matching di Gedung Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, pada Rabu (29/11/2023), persiapan dimaksud mencakup pembinaan hingga antisipasi diversifikasi produk.

"Kesiapan IKM dalam menyambut mobil listrik dan sepeda motor listrik itu sudah kami lakukan. Kalau pembinaan ada di Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronik, Alat Angkut dan sudah intens tiga tahun terakhir (dilakukan)," kata Reni.

Baca juga: Kekurangan serta Kelebihan Mobil RWD dan FWD

Ilustrasi pabrik mobilwww.caradvice.com.au Ilustrasi pabrik mobil

"Kemudian juga langkah-langkah antisipasi IKM harus dimulai, misal diversifikasi pada produknya, termasuk kita sudah punya sentra knalpot di Purbalingga," tambahnya.

Tidak sampai di sana, Reni juga mengklaim bahwa pihak Kemenperin sudah meminta para IKM untuk melakukan pelatihan menjadi bengkel-bengkel khusus yang dapat mengatasi kendaraan listrik.

"Supaya IKM bisa survive, jadi ketika ada perbaikan kita bisa lakukan. Sekarang kita masih fokus untuk roda dua listrik," ucap Reni.

Dengan menjadi bengkel khusus itu, secara perlahan para IKM bisa lakukan edukasi langsung apa saja yang dibutuhkan pada kendaraan listrik.

Baca juga: Uni Wheel, Teknologi Baru Hyundai untuk Mobil Listrik

Press Conference Link and Match di Gedung KemenperinKOMPAS/Ruly Kurniawan Press Conference Link and Match di Gedung Kemenperin

Sehingga secara perlahan bisa melakukan diversifikasi produk guna mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan kendaraan listrik tadi seperti menyediakan alat perbaikan sel baterai dan lain sebagainya.

"Dengan dia bisa bongkar komponennya, pelan-pelan kita akan eduksasi bagaimana IKM itu bisa melakukan diversifikasi produk tadi untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan kendaraan listrik," ujar Reni.

Hal serupa juga dikatakan Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Sigit Kumala, di mana pihaknya sudah siap apabila harus terjadi perubahan teknologi dari ICE ke kendaraan listrik.

"Kami bekerja sama dengan kemenperin akan menindaklanjuti dengan binaan kami terutama transfer knowledge karena ini tidak bisa seketika harus membutuhkan proses sosialisasi dulu kemudian proses pembinaan sampai kami yakin betul binaan kami siap ke era EV," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com