Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Duo Pebalap HRC di WSBK 2024, Incar Juara dan Podium

Kompas.com - 29/11/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim World Superbike (WSBK) 2023 sudah berakhir, Alvaro Bautista dengan Ducati Panigale V4 kembali jadi juara dunia. Sedangkan Honda dengan tim HRC masih belum turut bersaing di deretan pebalap terdepan.

Duo pebalap HRC yakni Iker Lecuona dan Xavi Vierge duduk di klasemen ke-11 (Xavi) dan 13 (Iker) untuk WSBK 2023. Hasil terbaik dicatatkan Xavi saat WSBK Mandalika, naik podium ketiga, sedangkan Iker sering terjatuh dan alami cedera.

Menjelang musim 2024, kedua pebalap dapat paket motor baru dan sudah mengetesnya. Iker dan Xavi pasang target untuk bisa menang seri dan setidaknya bisa podium di WSBK 2024.

Baca juga: HRC Pamerkan Motor Listrik Honda EM1 e: dengan Livery Balap

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Iker Lecuona (@ikerlecuona_27)

 

"Kami punya motor baru untuk musim 2024, sudah kami tes dan masih terus berlangsung. Kami belum tahu akan seperti Apa tingkatnya ketika bersaing dengan motor lainnya saat balapan," kata Iker di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Iker pasang target buat bisa naik podium dan bisa bersaing dengan grup pebalap yang ada di depan. Berarti Honda juga mau bersaing dengan Ducati, Kawasaki, dan Yamaha yang konsisten ada di barisan depan.

"Saya juga banyak terjatuh dan cedera di tengah musim (2023). Jadi mari lihat nanti," kata Iker.

Baca juga: Jelang Akhir 2023, Sebanyak 13 Ruas Jalan Tol Telah Beroperasi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Xavi Vierge Zafra (@xavivierge_97)

 

Xavi bilang, sejak 2023 sebenarnya motor sudah punya potensi, bahkan dia bisa naik podium ketiga Di WSBK Mandalika. Tapi faktor eksternal juga turut mempengaruhi bisa kompetitif atau tidak saat balapan.

"Bersaing di WSBK bukan hal yang mudah, kami fokus untuk terus berkembang, dari sisi motor maupun skill. Setelah tes, kami merasa ada potensi besar untuk motor 2024, kami punya musim dingin yang panjang buat tes semuanya," kata Xavi.

Baik Xavi maupun Iker akan memberikan semua saat balapan nanti. Harapannya bisa meraih kemenangan atau podium setidaknya dan bersaing dengan pebalap terdepan sepanjang musim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com