Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Perawatan Motor Listrik Saat Musim Hujan, Cek Sealant Dinamo

Kompas.com - 17/11/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Memasuki awal musim hujan, ada beberapa anjuran perawatan motor listrik yang bisa dilakukan pengguna, supaya kondisi kendaraan tetap terjaga.

Perawatan yang dimaksud juga cukup mudah dan tidak merepotkan, yakni memeriksa kondisi sealant alias sekat-sekat penahan.

Sealant biasanya ada di sekitar komponen-komponen penting, seperti dinamo, controller, atau area baterai. Fungsinya satu, yakni mencegah masuknya air yang bisa merusak dan menimbulkan karat.

Adyta Muhammad Sina, Pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum menjelaskan, sealant bisa rusak dan getas seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dianggap wajar, karena bahannya terbuat dari karet elastis.

Baca juga: Tips Tingkatkan Kualitas Audio Mobil Tanpa Modifikasi, Cukup Pakai USB

Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek terkena airKompas.com/Daafa Alhaqqy Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek terkena air

“Apalagi kemarin kan baru musim kemarau dan panas banget ya, enggak ada salahnya periksa sealant, jaga-jaga kalau getas,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Walaupun perawatannya terbilang mudah, Adyta menganjurkan pengguna untuk mendatangi bengkel saja, baik itu resmi atau spesialis.

“Biar tidak keliru dan penjelasannya jelas juga. Buat pengguna yang masih awam banget sama motor listrik, sebaiknya ke bengkel,” ucap dia.

Baca juga: Tiptip, Platform Digital buat Bikin Acara Komunitas Otomotif

Servis motor listrik di bengkel spesialis. Bisa ganti kampas rem, periksa suspensi, dan periksa dinamo BLDCKompas.com/Daafa Alhaqqy Servis motor listrik di bengkel spesialis. Bisa ganti kampas rem, periksa suspensi, dan periksa dinamo BLDC

DIa menambahkan, biaya servis penggantian sealant juga sangat cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 50.000 saja, tergantung jenis dan merek motor.

“Enaknya kalau motor-motor listrik China sekarang, yang subsidian, dinamonya satu tipe dan enggak beda. Jadi sealnya bisa sejenis,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com