Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Toyota Rush Bekas

Kompas.com - 04/10/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Rush generasi pertama banyak diburu masyarakat meski usianya sudah belasan tahunan sejak pertama kali meluncur pada 2006. Ciri khasnya ada pada letak ban cadangan yang ada di belakang menyerupai konde.

Sebelum meminang Rush Konde, sebaiknya konsumen mengetahui apa saja perbaikan kaki-kaki yang diperlukan mengingat usianya tidak lagi muda. Dengan demikian, dapat diketahui perkiraan biayanya.

Sebagai low sport utility vehicle (LSUV) Rush Konde memiliki suspensi dengan tingkat kenyamanan menengah. Suspensi depan menggunakan McPherson dengan koil spring dan stabilizer, sedangkan suspensi belakang menggunakan 4 link dengan coil spring.

Baca juga: Mau Beli Toyota Rush Bekas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Toyota Rush TRD UltimoKompasOto Toyota Rush TRD Ultimo

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Rush Konde mungkin saja sudah waktunya melakukan peremajaan kaki-kaki, terlebih lagi gajala kerusakan sudah muncul.

“Beberapa jenis bunyi tidak wajar bisa timbul sebagai gejalanya, bahkan kestabilan juga berkurang bila suspensi mulai bermasalah, maka dari itu agar tetap nyaman dibutuhkan peremajaan,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan ada beberapa rangkaian suspensi yang memiliki peran berbeda-beda dan menyebabkan masalah yang berbeda pula bila sudah rusak.

Sehingga gejala kerusakannya bisa bermacam-macam dengan kondisi jalan yang ada saat mobil sedang dikendarai.

Suspensi depan Mitsubishi XForceKompas.com/Adityo Suspensi depan Mitsubishi XForce

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas per Oktober 2023, Terios mulai Rp 70 Jutaan

“Ada bunyi kluk-kluk, tek-tek dan seterusnya, gejala akan muncul bila mobil melaju di jalan tidak rata, saat melewati luban atau polisi tidur dan seterusnya, sangat beragam,” ucap Muchlis.

Muchlis menyarankan untuk hasil optimal maka perbaikan kaki-kaki sebaiknya dengan melakukan penggantian. Namun, beberapa konsumen juga bisa hanya memperbaikinya saja meski hasilnya akan berbeda kualitas.

“Adakalanya konsumen tidak mengganti komponen, namun hanya melakukan perbaikan untuk menekan biaya, biasanya ini dilakukan oleh oknum pedagang mobil bekas, tapi bila pengguna pribadi kami sarankan untuk menggantinya dengan komponen baru,” ucap Muchlis.

Baca juga: Toyota Rush Terjun ke Jurang Sedalam 70 Meter di Dairi, Sopir Selamat

Toyota Rush generasi pertama meluncur pertama pada 2006 dengan letak roda cadangan di belakang menyerupai kondeTangkapan layar Toyota Rush generasi pertama meluncur pertama pada 2006 dengan letak roda cadangan di belakang menyerupai konde

Adapun biaya penggantian kaki-kaki Rush Konde di luar tarif jasanya bisa tembus Rp 3,5 jutaan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Shock absorber depan orisinal, Rp 1,6 juta sepasang.
  2. Shock absorber belakang orisinal, Rp 800.000 sepasang.
  3. Tie rod Rp 250.000
  4. Rack end Rp 350.000
  5. Link stabilizer Rp 200.000
  6. Bushing stabilizer Rp 40.000
  7. Bushing lower arm Rp 250.000
  8. Bearing roda Rp 400.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com